Indonesia Disebut Utang Budi pada Palestina

Yohannes AbimanyuYohannes Abimanyu - Selasa, 25 Juli 2017
Indonesia Disebut Utang Budi pada Palestina
Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), Bachtiar Nasir. (Foto: MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), Bachtiar Nasir mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki hutang budi kepada Palestina. Hal itu, kata Bactiar terkait pengaruh Palestina dalam pengakuan kemerdekaan Indonesia.

"Dulu, Indonesia ini berhutang budi kepada Palestina, Amin Al-husseini akhirnya mendesak Liga Arab untuk mengakui kemerdekaan Indonesia," ujarnya usai acara Halal Bihalal Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR dengan tokoh-tokoh ormas Islam di Aula Serba Guna Komplek DPR Kalibata, Jakarta, Selasa (25/7).

Pasca Proklamasi Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 dibacakan oleh Soekarno, Palestina merupakan salah satu negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Menurut Bachtiar, Mufti Besar Palestina yang memperjuangkan kemerdekaan Palestina dari Inggris, Amin Al-Husseini juga berperan besar dalam mendesak negara-negara Timur Tengah untuk mengakui kemerdekaan Indonesia.

"Begitu juga Indonesia masih punya hutang di Konferensi Asia-Afrika tahun 1955, semua negara peserta menyatakan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina," tegas dia.

Oleh karena itu, Bachtiar mendesak pemerintah Indonesia proaktif dalam memyikapi kekejaman Israel di Masjid Al Aqsha beberapa waktu lalu. Pasalnya, Indonesia memiliki tanggung jawab atas keselamatan dan kemerdekaan Palestina.

"Negara-negara Arab yang kini terpecah ini tugas kita untuk mengumpulkan mereka menyatukan mereka lebih berpihak kepada Masjid Al-Aqsa dan Palestina," pungkas Bachtiar.

Untuk diketahui, akses menuju Masjid Al-Aqsa dibatasi sejak Jumat pekan lalu. Aparat Israel memasang pendeteksi logam serta pagar besi di salah satu gerbang masuk kompleks masjid dan memicu amarah rakyat Palestina.

Pemerintah Indonesia mengambil sikap dengan meminta Sekretaris Jenderal dan Dewan Keamanan PBB segera mengadakan sidang untuk membahas masalah itu. (Pon)

Baca juga berita terkait berikut ini: Ketua GNPF MUI Desak Pemerintah Proaktif Sikapi Kekejaman Israel

#GNPF MUI #Konflik Palestina
Bagikan
Ditulis Oleh

Yohannes Abimanyu

Wonderful Indonesia, Pesona Indonesia dan pesona gw adalah satu
Bagikan