Indonesia Diminta Kembangkan SDM dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 28 Juli 2018
Indonesia Diminta Kembangkan SDM dalam Bidang Pertahanan dan Keamanan
Pengukuhan Guru Besar Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio di Bidang Ilmu Budaya Teknologi Kemaritiman, Kamis (26/7). Foto: @Kemhan_RI

MerahPutih.com - Menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang didukung oleh Sea Power dan Maritime Domain Awaresness merupakan salah satu nawacita Presiden Jokowi.

Guru Besar Ilmu Pertahanan Universitas Pertahanan, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, mengatakan untuk merealisasikan hal itu, ia meminta pemerintah Indonesia untuk mengembangkan SDM dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Apalagi menurut Marsetio, keamanan Maritim Indonesia sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari kondisi perubahan lingkungan strategis karena akan timbul berbagai permasalahan.

Pengukuhan Guru Besar Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio di Bidang Ilmu Budaya Teknologi Kemaritiman, Kamis (26/7). Foto: @Kemhan_RI

Dinamika yang terus berubah ini harus dicermati dengan sungguh-sungguh dan membutuhkan analisis data dan informasi strategis dalam rangka mendukung proses pengambilan keputusan.

Kepala Staf Presiden (KSP), Moeldoko memiliki perhatian yang besar terhadap SDM. Salah satu inisiatifnya adalah inovasi internal di tubuh TNI untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan prajurit. Profesional karena terlatih dan terdidik, serta sejahtera sebagai prajurit TNI dalam melaksanakan tugas.

Sementara itu, pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe menilai nama Moeldoko bisa dipertimbangkan sebegai cawapres Jokowi dari kalangan militer.

"Dari aspek kepemimpinan saya kira cukup baik ya, artinya dia pernah menjadi panglima TNI, dia menempati sejumlah jabatan, dan sekarang menjadi KSP, itu artinya dia memiliki kemampuan. Dan saya pikir dia juga diterima di sebagian besar kalangan, sehingga sosok dia itu bisa dipasangkan menjadi calon wakil presiden Jokowi." ujarnya.

jokowi
Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko (kanan) mendampingi Presiden Jokowi saat acara Rembuk Nasional Aktivis 98. Foto: Biro Pers Setpres

Dari aspek kepemimpinan saya kira Moeldoko memang salah satu figur dari mantan militer yang memang bisa dijadikan calon wakil presiden Jokowi. Dia seorang militer yang low profile, loyalitasnya tinggi, selain kemampuannya mumpuni." pungkasnya. (Pon)

#Jenderal TNI Moeldoko
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan