Indonesia Dibanjiri Produk Luar Negeri Ilegal Ilustrasi Barang Impor (Foto Antara/Fanny Kusumawardhani)

MerahPutih Bisnis - Hingga saat ini, masih banyak produk ilegal dari luar negeri masuk ke Tanah Air. Produk ilegal yang masuk mulai dari pakaian hingga elektronik.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengakui, hingga kini masih banyak produk-produk ilegal yang masuk ke pasar nasional.  Produk ilegal tersebut menyebabkan kerugian negara karena pajak tidak masuk.

"Produk ilegal itu kan tidak membayar pajak," kata Saleh Husin dalam acara Panasonic Gathering Ultah ke-55 Tahun, di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (11/10).

Namun, Saleh Husin tidak menyebutkan berapa jumlah pastinya. Berdasarkan laporan yang diterima dari asosiasi, produk ilegal yang masuk ke Indonesia sangat beraneka ragam, mulai dari pakaian bekas hingga produk elektronik.

"Jumlahnya saya tidak tahu pasti, tapi laporan dari asosiasi yang masuk itu seperti elektronik, pakaian bekas juga," sambungnya.

Saleh juga tidak merinci di mana barang ilegal dari luar negeri tersebut tersebar. Tapi, ia mengatakan, bahwa peredarannya ditemukan di pasar-pasar seluruh Indonesia.

"Penyebarannya itu tidak hanya di satu titik, tapi hampir menyerang seluruh pasar di Indonesia," kata Husin.

Kementerian Perindustrian terus berkoordinasi dengan pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai Kementerian Keuangan dan Kementerian Perdagangan untuk memberangus praktik ilegal tersebut.

"Kita bersama bea cukai dan Kementerian Perdagangan akan bekerjasama untuk dapat memberikan efek jera kepada para pemasok," pungkasnya. (rfd)


Baca Juga:

Melanie Subono Tantang Publik Indonesia Boikot Produk Sinarmas

Produk Makanan dan Minuman Berbahan Impor Terimbas Pelemahan Rupiah

Ridwan Kamil Gencar Promosi Produk Kreatif Bandung

Indonesia Harus Tingkatkan Produksi Kopi Berkualitas

Lihat Produk Indonesia di UAE, Jokowi Langsung Sumringah

 



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH