Indonesia dan Selandia Baru Sepakati Kerjasama Penanggulangan Terorisme

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 03 Agustus 2017
Indonesia dan Selandia Baru Sepakati Kerjasama Penanggulangan Terorisme
Kepala BNPT Komjen Pol. Suhardi Alius (kiri) menerima Assistant Commissioner for International and National Security Selandia Baru, Michael Pannet. (Foto Dok BNPT)

MerahPutih.com - Indonesia dan Selandia Baru akan menjalin kerjasama penanggulangan terorisme. Bertempat di kantor BNPT, Jakarta pada Rabu (2/8), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Suhardi Alius menerima kunjungan kerja Assistant Commissioner for International and National Security Selandia Baru, Michael Pannet.

“Maksud pihak Selandia Baru ini untuk berkunjung ke BNPT tentunya untuk saling bantu membantu dan sharing informasi terhadap masalah pola penanganan terorisme dan pencegahannya,” ujar Kepala BNPT seusai melakukan pertemuan tersebut.

Kepala BNPT dalam pertemuan tersebut didampingi Deputi Bidang Kerjasama Internasional Irjen Pol. Drs. Hamidin, Direktur Bilateral Brigjen Pol. Budiono Sandi, Direktur Regional dan Multilateral, Andhika Chrisnayudhanto dan Kasubdit Kerjasama Amerika-Eropa, Wandi Adrianto Syamsu.

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Selandia Baru saling bertukar pengalaman penanggulangan terorisme di negara masing-masing, termasuk bagaimana cara menghadapi Foreign Terrorist Fighters (FTF) yang selama ini menjadi ancaman serius bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara

Mantan Kapolda Jawa Barat ini mengatakan kedua negara sepakat untuk saling bantu membantu dalam masalah penanggulangan terorisme.

“Kedua negara sepakat saling memberikan informasi dan menyampaikan upaya-upaya apa yang kiranya diperlukan dalam upaya penanggulangan terorisme termasuk upaya pencegahannya,” kata lulusan Akpol tahun 1985 ini.

Seperti diketahui, pertemuan lintas enam negara tersebut selain dihadiri Indonesia sebagai tuan rumah juga dihadiri negara Malaysia, Filipina, Brunei Darusalam, Autralia dan Selandia Baru. Dalam kunjungan kehormatan untuk bertemu Kepala BNPT tersebut, Michael Pannet, didampingi oleh pejabat Kedutaan Besar Selandia Baru di Indonesia. (*)

#Suhardi Alius #Kepala BNPT
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan