Indonesia dan Oman Perkuat Konektivitas Angkutan Udara

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 16 Juni 2022
Indonesia dan Oman Perkuat Konektivitas Angkutan Udara
Duta Besar RI untuk Oman Mohamad Irzan Djohan (kanan) dan Kepala Otoritas Penerbangan Sipil Oman Eng. Naif Ali Hamed AL Abri (kiri)di Muscat, Oman pada Rabu (15/6/2022). (ANTARA/HO-KBRI Muscat)

MerahPutih.com - Pemerintah Indonesia dan Oman kembali menandatangani Perjanjian Transportasi Udara (Air Transport Agreement/ATA) untuk meningkatkan transportasi udara antar kedua negara. Kerja sama hubungan udara RI–Oman telah dimulai sejak 1994.

Pengaturan teknis angkutan udara antar kedua negara sebelumnya diatur dengan nota kesepahaman pada 1994, 2006 dan 2017. Muscat menjadi pilihan kota transit yang menarik di Timur Tengah bagi jamaah haji dan umrah serta pelajar dari Indonesia.

Baca Juga:

Jokowi Sambut Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Bogor

"Persetujuan udara ini merupakan payung hukum konektivitas udara yang akan meningkatkan hubungan Indonesia dan Oman, baik people-to-people contact maupun hubungan ekonomi," kata Dubes Mohamad Irzan Djohan dalam keteranganya, Kamis (16/6).

Perjanjian dimaksudkan untuk mendorong peningkatan konektivitas melalui pengembangan angkutan udara diantara dan di luar wilayah kedua negara. Dengan ditandatanganinya perjanjian tersebut, penerbangan Indonesia dan Oman dapat mengoperasikan layanan angkutan udara internasional berjadwal pada rute yang ditentukan di kedua negara.

Dubes Irzan berharap, dengan adanya kesepakatan angkutan udara, maskapai penerbangan Indonesia dapat memanfaatkan peluang usaha yang cukup besar pada rute Jakarta-Muscat.

Salah satu poin kesepakatan dalam perjanjian itu adalah maskapai Indonesia dapat terbang langsung ke kota-kota di Oman seperti Muscat, Sohar dan Salalah.

Sebaliknya maskapai Oman dapat terbang langsung ke kota tujuan di Indonesia seperti Jakarta, Denpasar, Medan, Surabaya, dan kota lainnya. Selain itu, perjanjian itu juga meliputi aspek penting penerbangan seperti keselamatan dan keamanan penerbangan dan pertukaran informasi.

Duta Besar RI untuk Oman Mohamad Irzan Djohan mewakili Pemerintah Indonesia bersama Kepala Otoritas Penerbangan Sipil Oman Eng. Naif Ali Hamed AL Abri yang mewakili Pemerintah Oman menandatangani perjanjian tersebut di Muscat, Oman pada Rabu (15/6). (Pon)

Baca Juga:

Tiba di Indonesia, Presiden Jerman Jajaki Perluasan Kerja Sama Industri Digital

#Maskapai Penerbangan #Kemenlu
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan