Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 Jadi Kompetisi Roasting Resmi Pertama di Indonesia

annehsannehs - Jumat, 21 Januari 2022
Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 Jadi Kompetisi Roasting Resmi Pertama di Indonesia
Indonesia Coffee Roasting Championship jadi kompetisi roasting resmi pertama di Indonesia. (Foto MP/Dicke Prasetia)

ROASTING biji kopi merupakan salah satu proses yang paling penting untuk menjamin rasa dan kualitas dari secangkir kopi. Biji kopi biasanya disimpan saat masih berwarna hijau supaya bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama tanpa menurunkan rasa dan kualitas. Kemudian, ada proses roasting yang mampu mengeluarkan aroma dan rasa yang terkunci di dalam biji kopi hijau.

Dikutip dari National Coffee Association USA, pemanggangan biji kopi menyebabkan perubahan kimia yang terjadi ketika biji kopi dibawa ke suhu yang sangat tinggi dalam waktu yang cepat.

Baca Juga:

Intip Keseruan Babak Spirit Bar di ICiGSC

Event Coffee International Coffee Roasting Championship 2022 diadakan di Papa & Mama Bistro and Coffee pada 19 Januari 2022. (Foto Merahputih/Dicke Prasetia)
Event Coffee International Coffee Roasting Championship 2022 diadakan di Papa & Mama Bistro and Coffee pada 19 Januari 2022. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

Kombinasi teknik, komposisi, temperatur, dan berbagai aspek lainnya dalam roasting kopi mampu menciptakan keunikan dan kenikmatan tersendiri. Maka dari itu, para coffee enthusiast di seluruh dunia pun menjadikan roasting biji kopi sebagai kompetisi untuk bisa lebih mengeksplorasi rasa, mendapatkan pengetahuan, dan bisa menciptakan rasa kopi yang semakin beragam.

Berbagai kompetisi roasting biji kopi pun telah diselenggarakan di Indonesia. Meski begitu, Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 yang diselenggarakan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) menjadi kompetisi roasting pertama yang merujuk pada aturan dan regulasi dari World Coffee Roasting Championship.

"Jadi selama ini kompetisi roasting sih sudah banyak di Indonesia, cuma yang sanctioned dan resmi itu ya ICRC," ungkap Ketua Indonesia Coffee Roasting Championship Andrew Tandra kepada MerahPutih.com.

Baca Juga:

Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 Jadi Kompetisi Roasting Resmi Pertama di Indonesia

Andrew Tandra. (Foto MP/Dicke)
Ketua Indonesia Coffee Roasting Championship Andrew Tandra. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

"(Kompetisi ini) resmi kita itu mengacu pada aturan yang ada di World Coffee Roasting Championship jadi benar-benar sesuai nanti aturannya dengan yang World Coffee Roasting Championship itu. Jadi nanti juara ICRC sudah layak lanjut ke kompetisi dunia dan nggak kaget lagi, sudah terbiasa," ungkapnya.

Jika situasi pandemi COVID-19 sudah mereda, juara pertama ICRC akan diterbangkan ke Warsaw, Polandia pada 23 sampai 25 Juni 2022 untuk mengikuti kompetisi internasional World Coffee Roasting Championships.

Pemberitahuan pemenang dari ICRC akan diumumkan pada Jumat, 21 Januari 2022 di Nutraco Baywalk pukul 15:00. Kamu juga bisa menyaksikannya secara online di Live Streaming YouTube merahputih.com. (SHN)

Baca Juga:

Indonesia Coffee Roasting Championship 2022 Jadi Kompetisi Roasting Pertama Bagi Galura Aqila

#Kompetisi Kopi #Kopi
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan