ICE 2022

Indonesia Coffee Events 2022 Hari Kedua Kian Memanas

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 27 Juli 2022
Indonesia Coffee Events 2022 Hari Kedua Kian Memanas
Rendy D. Nugraha, penampil pertama Indonesia Barista Championship. (merahputih.com/Andreas Pranatalta)

INDONESIA Coffee Events (ICE) 2022 sudah memasuki hari kedua, Rabu (27/7). Para pengunjung pun terlihat makin ramai dan penasaran bagaimana lanjutan kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Championship (IBrC).

Terdapat total 31 peserta di kompetisi IBC dan 36 peserta untuk kompetisi IBrC. Sama seperti di hari pertama, di hari kedua ini para peserta IBC akan diberikan sesi latihan selama 20 menit, mulai dari pukul 08.00-08.20. Kemudian mereka akan beraksi selama kurang lebih 45 menit untuk mempresentasikan racikan kopi kepada para juri.

Baca Juga:

Live Streaming ICE 2022 Bisa Disaksikan di Channel YouTube Merahputih.com

ice
Para pengunjung makin antusias dengan hari kedua ICE 2022. (merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Di IBC hari kedua akan ada 14 peserta yang unjuk gigi dengan kemampuan mereka masing-masing. Mereka adalah Rendy D. Nugraha, Rina Kusuma Dewi, Gede Toni, Muhammad Ramiz, Tyara Yuanita, M Restoe Faizal Poetra, Chairuan, Ivan Pratama Setya, Agil Ranu Bintang, Imam Mauzun, Rahmat Agung Saputra, Hanggar Aldi, Feibe Allison Rien Polii, dan Badje Kolili. Berdasarkan jadwal di laman resmi Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), kompetisi akan berakhir pukul 15.50 WIB.

Ada 31 peserta yang mengikuti kompetisi IBC, 17 di antaranya sudah rampung di hari pertama, Selasa (26/7). Selain keunikan, profesionalitas juga ditunjukkan seluruh peserta. Berbagai peserta membawa kopi-kopi eksklusif, yang tentu akan menghadirkan ciri khas tersendiri bagi tiap peserta memunculkan dilema penilaian bagi juri.

Selanjutnya untuk kompetisi IBrC, setelah hari pertama menyelesaikan tahap Compulsory Service, di hari kedua ini para peserta akan menghadapi babak Open Service. Jika di hari pertama dilangsungkan 36 peserta sekaligus, kali ini dibagi menjadi dua. 18 peserta akan tampil di babak Open Service pada Rabu (27/7), sisanya pada Kamis (28/7).

Setiap peserta akan diberikan waktu latihan dan setup alat selama 35 menit, dilanjutkan dengan kompetisi selama 10 menit. Peserta IBrC hari kedua yang pertama kali beraksi adalah Dede Ardiyansyah pada pukul 09.00-09.35 untuk latihan dan setup, dilanjutkan 09.40-09.50 untuk kompetisi.

Baca Juga:

Ambisi Muhammad Aga Raih Podium Tertinggi WBC

ice
Setiap peserta akan diberikan waktu latihan dan setup alat selama 35 menit. (merahputih.com/Andreas Pranatalta)

Kemudian dilanjutkan oleh Fajar Maulana Fikri, Jefry, Tegar Urung Pamungkas, Fahmi Irfan, Shayla Philipa, Fauzan Ghilman Anshari, Georgius Audrey Teja, dan Rangga Nugraha. Setelah istirahat selama satu jam, kompetisi akan dilanjutkan oleh M. Noor Firdaus Alamsyah, Adit, Jeffta Handoko, Alif Rizky, Ghozal Elfridho, Christien Ellen Chen, Ragil Yuliatmoko, Bayu Prawiro Utomo Putra, dan Keniko Stefanus Roostanto.

Sedikit mengulas, ada dua nama besar di kompetisi IBrC kali ini, yakni Shayla Philipa dan Muhammad Fakhri Murad. Keduanya pernah menjuarai kompetisi kopi tingkat internasional. Shayla Philipa merupakan juara pertama Indonesia Coffee in Good Spirits Championships (ICiGSC) 2021, juga berhasil meraih juara tiga World Coffee in Good Spirits Championships 2022.

Sementara Fakhri merupakan juara Indonesia Brewers Cup (IBrC) 2019 dan pernah bertanding mewakili Indonesia di kompetisi kopi tingkat dunia, World Brewers Cup 2019.

Saksikan gelaran ICE 2022 secara langsung di JIExpo Kemayoran atau kanal Youtube merahputih.com dan SCAI. (and)

Baca Juga:

Hari Pertama IBrC 2022, Kemampuan Peserta Hampir Setara

#Indonesia Coffee Events
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan