Musik

Indonesia Cassette Week 2021 Resmi Dihelat

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 15 Oktober 2021
Indonesia Cassette Week 2021 Resmi Dihelat
Indonesia Cassette Week 2021 kembali dihelat. (Foto: Istimewa)

TERHITUNG sejak 27 September 2021, Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate memberi izin penyelenggaraan kegiatan besar dengan kewajiban mengikuti sejumlah pedoman yang sudah ditetapkan.

Memanfaatkan pelonggaran tersebut, acara Cassette Store Day mengambil momen di Oktober 2021 untuk kembali menyelenggarakan acara yang sempat tertunda di 2020 karena pandemi.

Baca juga:

Pemuda Sinarmas Rilis Single Debut 'Kebut Asmara'

Cassete Store Day sudah diadakan sejak 2013. Adalah sebuah kegiatan tahunan untuk para pencinta rilisan (musik) fisik yang pertama kali digagas oleh Dimas Ario. Kemudian acara tersebut dilanjutkan oleh Jodi Setiawan dari Nanaba Records dan Nuki Nugroho dari High Fidelity Records di 2015. Selanjutnya pada 2018 acara ini kembali dilanjutkan oleh Satria Ramadhan dari Heyfolks! dan SRM.

Memasuki 2020, para penggagas Cassette Store Day mengumumkan bahwa acara ini dibubarkan. Seperti dikutip dari bio Instagram @cassettestoreday tertulis “Cassette Store Day has retired. Thanks for all the great years! Follow our friends @cassetteweek for all your cassette needs!”.

Bak angin segar untuk penggemarnya, pada Oktober 2021 Cassette Store Day kembali diselenggarakan dengan merubah nama menjadi Indonesia Cassette Week (ICW). Terdapat beberapa lokasi yang menghelat acara ini di Indonesia. Berikut daftar tempat ICW 2021 yang sudah dirangkum oleh Merah Putih.

1. Indonesia Cassette Week (Tangerang)

Acara ini akan diadakan pada 16 dan 17 Oktober 2021 bertempat di Heyfolks! yang berada di kawasan restoran bernama Sandwich Attack di Jalan Taman Hiburan No.4, Tangerang.

Hal yang menarik dari Indonesia Cassette Week 2021 yakni ada beberapa rilisan yang dirilis secara eksklusif untuk event ini. Band asal Amerika, The Pains Of Being Pure At Heart dan The Natvral merilis albumnya dibawah label Heyfolks! dalam format kaset.

Lalu ada Kompilasi Fresh Meat, berisikan 14 Emerging Band Yogyakarta yang dirilis dibawah label Rilisan Fisik dan Koloni Gigs.

Label La Munai dan Anoa Records juga turut meramaikan event ini dengan menitipkan koleksi rilisan Kaset mereka. Sedikitnya ada 10 Tenant dari berbagai Record Store di Jabodetabek yang akan berjualan di event ini.

ICW 2021 akan dimeriahkan oleh penampilan DJ dan Selecter dari Ibu Kota, salah satunya Pemuda Sinar Mas yang memainkan performa cassete jockey. Lalu beberapa penampilan dari band berformat DJ, seperti Petaka, Irama Pantai Selatan, Tabrak Lari dan Purpla.

2. Cassette Week Yogyakarta

Sama halnya dengan ICW 2021, acara tersebut akan dilaksanakan pada 16 dan 17 Oktober 2021 bertempat di Balakosa Coffee & Co yang beralamat di Jl. Nologaten, Caturtunggal, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Beberapa label yang ikut berpartisipasi, di antaranya Doggy House Records, Fantasi Mew Sick, Toko Musik Luwes dan masih banyak lainnya.

Baca juga:

Album Kompilasi ‘Pop diKota’ Perkenalkan Sederet Talenta Baru Musik Indonesia

3. Cassette Week Bali

Bali memiliki jadwal yang berbeda. Cassette Week Bali sudah dimulai sejak 9 Oktober 2021 dan dilanjutkan pada 12, 13, 14, 15 16 dan 17 Oktober 2021 dengan beberapa lokasi yang berbeda.

Menampikan beberapa band, seperti The Hydrant, SVN Garuda, SomeThink, Deep Sea Explorer, SugarThrills, Koesbilindo, Divecollate, dan Doora.

Adapun penampilan DJ, seperti Gilang Propagila, Rakbars, Enggohoi, Baligula dan masih banyak lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, bisa melalui Instagram @recordstoredaybali.

4. Cassette Store Day (Makassar)

Walau masih dengan nama yang lama, namun semangat yang dimiliki para kolektif dari Makassar untuk menyelenggarakan acara untuk para pecinta rilisan fisik. Belokasi di AE Coffee Space yang beralamat di Jl. Lamadoukelleng Buntu No. 33 Kunjung Mae, Makassar.

Label yang ikut berpartisipasi di antaranya, Musick Bus, Milisi Merch, Norse Collection, Celebes Vintage Gallery, Kenzie Klub dan banyak lainnya. Dengan para penampil seperti Alhe Is Back, Fictive Order, Supermen Karet, Subhano, dan Akbar Mandela. (far)

Baca juga:

Di Tengah Pandemi, Jazz Gunung Bromo 2021 Sukses

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan