Indonesia Bertengger di Urutan Kelima Dunia Kejuaraan Liong dan Barongsai Sebelum malam tahun baru Imlek tiba, para pemuda umat Budha Vihara Bun San Bio Kota Tangerang menggelar latihan pertunjukan Naga Liong & Barongsai. (Foto:

MerahPutih Budaya - Seiring perkembangan zaman kebudayaan Tionghoa khususnya permainan Liong dan Barongsai mulai diterima oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, sudah menjadi salahs satu olahraga yang ikut dipertandingkan di kancah internasional.

Ketua Umum Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia (PLBSI) Nurdin Purnomo mengatakan selama era reformasi seperti saat ini permainan Liong dan Barongsai banyak diminati oleh semua kalangan.

"Saat ini barongsai bukan hanya dimainkan oleh warga Tionghoa saja, melainkan sudah menjangkau semua kalangan, mulai dari Aceh, Papua, Palembang, dan Papua," kata Nurdin saat ditemui merahputih.com di Kantor PLBI di Jalan K.H Hasyim Ashari No. 33B, Jakarta Pusat, Rabu (20/1).

Selain itu, Nurdin juga ikut serta dalam ajang turnamen internasional Liong dan Barongsai yang digelar di beberapa negara, Makau, Thailand, Tiongkok, dan sebagainya.

Ia mengaku saat ini tim Liong dan Barongsai asal Indonesia sudah dapat menduduki peringkat lima dunia. Diatas negara tetangga Singapore, Malaysia, Vietnam, dan Makau.

"Prestasi kami dia ajang internasional sangat diakui oleh para negara-negara peserta. Kami punya kualitas SDM yang luar biasa dan kami menunjukkan bahwa Indonesia punya nama serta disegani," terangnya.

Amanat Gus Dur

Nurdin menjelaskan pihaknya juga sering mengadakan beberapa ajang event turnamen Liong dan Barongsai di tingkat nasional. Hal ini seperti yang diamanatkan oleh almarhum Presiden Republik Indonesia Keempat Abdurahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur itu.

"Saat beliau menjabat sebagai Presiden memanggil saya untuk segera menggelar event besar pertandingan Liong dan Barongsai di Indonesia, mulai dari ajang Piala Bergilir, Piala Presiden, dan Piala Gubernur," terangnya.

Selain itu, lanjutnya, beberapa cabang olahraga Liong dan barongsai yang dipertandingkan yakni Liong dance, Barongsai radisional, Barongsai Tonggak.

"Ketiga kelas pertadingan itu kami selalu mengikuti pertandingan Internasional, dan itu kami rutin setiap tahun mengikuti pertandingan internasional tersebut," tuturnya. (Abi)

BACA JUGA:

  1. Ramalan di Tahun Monyet Api, Sektor Pariwisata akan Meningkat
  2. Suhu Naga: Tahun Monyet Api Adalah Tahunnya Kepolisian
  3. Jelang Imlek, Pengemis Banjiri Vihara
  4. Imlek 2016, Ini Rencana Keluarga Susi Susanti dan Alan Budikusuma
  5. Kompolnas Apresiasi Kinerja Polisi saat Teror Sarinah


Rendy Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH