Indonesia Berpotensi Kehilangan 39 Medali Emas di SEA Games 2023, Ini Penjelasan CdM

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 02 Maret 2023
Indonesia Berpotensi Kehilangan 39 Medali Emas di SEA Games 2023, Ini Penjelasan CdM
Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim. Foto: NOC Indonesia/Tetuko Mediantoro

MerahPutih.com - Kontingen Indonesia berpotensi kehilangan 39 medali emas di SEA GAmes 2023 Kamboja.

Menyikapi hal tersebut, Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyndo Hakim memberikan penjelasan detail.

Baca Juga

CdM SEA Games Berharap Atlet Dalam Kondisi Puncak

"Seperti yang saya sampaikan waktu diumumkan jadi CdM oleh Ketua Umum NOC, saya akan transparan soal data prestasi atlet. Sekarang saya beberkan kenapa kita potensi kehilangan 39 medali emas di SEA Games Kamboja nanti," ujar Lexy dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (2/3).

Seperti diketahui, tuan rumah Kamboja menggelar 44 cabang olahraga dengan 632 nomor pertandingan untuk edisi SEA Games ke-32. Dari jumlah itu, potensi 32 emas Tim Indonesia yang berasal dari 6 cabor yang dipertandingkan di SEA Games 2022 Vietnam tidak dipertandingkan.

Dari 44 cabor tersebut, yang masuk dalam kategori olimpik hanya 21 di antaranya. Sisanya, tuan rumah Kamboja banyak memasukkan cabor tradisional maupun nomor di luar olimpik untuk memuluskan keinginannya untuk menggeser posisi Indonesia dari urutan ketiga dari daftar klasemen perolehan medali di SEA Games.

Cabor tersebut yakni 5 medali emas dari panahan, 6 medali dari kano dan kayak, 8 emas dari rowing hilang, 8 dari menembak, 2 dari boling dan 3 medali hilang dari cabor catur.

"Sisanya, potensi 7 emas di cabor SEA Games 2023 Kamboja yang eventnya tidak dipertandingkan. Sebut saja artistic gymnastic, womens floor excercise, e-sport free fire mobil dan team event. Balap sepeda downhill individual putri dan Individual Time Trial putri juga tidak dipertandingkan," sebut Lexy yang juga Ketua Umum PERBASI DKI ini.

"Tapi, kita juga punya cabor lain yang potensial untuk menambahkan medali buat Indonesia. Termasuk cabor yang tidak dimainkan di Vietnam tapi digelar di Kamboja," tambahnya.

Baca Juga

Mengenal Sosok Lexyndo Hakim, CdM SEA Games Kamboja 2023

Saat ini, Tim Review yang berasal dari Komisi Sport Development (KSD) NOC Indonesia telah menyelesaikan tugasnya. Hasilnya, yakni berupa rekomendasi kepada Ketua Umum NOC Indonesia dan selanjutnya diberikan kepada Menpora sebelum pengukuhan kontingen.

Di SEA Games Vietnam 2022 lalu, Tim Indonesia menempati peringkat ketiga klasemen perolehan medali dengan raihan 69 medali emas, 92 perak dan 80 perunggu dengan total raihan 241 medali.

Di sisi lain, Kamis (02/03) CdM berkesempatan untuk mengujungi seleksi nasional Jujitsu untuk kelas 62 kg putra di Tapout Fitness. Pada kesempatan itu, CdM Lexy diterima Yongky Hasyim A. Mattjik, selaku manajer tim pelatnas jujitsu.

Dalam kunjungannya, Lexy juga didampingi Vice CdM, Puji Lestari dan Komisi Sport Development (KSD) NOC Indonesia, Peter Taslim.

"Setelah kami diberi mandat sebagai CdM, kami intens melakukan rapat internal untuk mempersiapkan team itu, ada peran serta dari masing-masing cabor juga. Ini merupakan kunjungan pertama kami Tim CdM SEA Games ke jujitsu," ujar Lexy.

"Kami, Tim CdM sangat terbuka, tapi sifatnya sharing ya, bukan mengeluh. Atlet harus tetap fokus pada pertandingan, kalau ada hal-hal lain bisa kita diskusikan," imbuhnya.

Sementara itu, Puji menambahkan, mengeluh bisa membuat hal-hal negatif masuk ke pikiran atlet.

"Atlet tugasnya hanya berlatih dan fokus untuk mengibarkan bendera Merah Putih," tutup Puji. (*)

Baca Juga

CdM Lexyndo Tinjau Langsung Venue SEA Games 2023 di Kamboja

#SEA Games #Lexyndo Hakim
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan