Indonesia Berpeluang Panen Medali Emas Hari Ini Pemanah andalan Indonesia Diananda Choirunisa di ajang Asian Games 2018. Foto: Official Asian Games 2018

MerahPutih.com - Kontingen Indonesia kembali berpeluang panen medali emas di hari ke-10 Asian Games 2018, Selasa (28/8). Pada kemarin, tim Merah Putih mendulang sepuluh emas dari pencak silat dan panjat tebing.

Dari 12 cabang olahraga yang menggelar nomor final dengan menyediakan 29 medali emas, atlet-atlet Indonesia berupaya mengejar tambahan emas dari panahan, bulu tangkis, sepak takraw, dan bola voli pantai.

Dari empat cabang olahraga itu, tuan rumah meloloskan wakilnya, yakni panahan, voli pantai dan sepak takraw masing-masing satu nomor, serta bulu tangkis ada dua nomor.

Khusus bulu tangkis, Indonesia sudah memastikan satu medali emas dari nomor ganda putra setelah terjadi "all Indonesia finals" yang mempertemukan pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dengan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Foto: MP/Rizki Fitrianto

Satu partai final lagi di tunggal putra, Jonatan "Jojo" Christie akan menantang pebulu tangkis unggulan asal Chinese Taipei Chou Tienchen.

Jojo menjadi harapan cabang olahraga bulu tangkis untuk merealisasikan target dua emas, setelah pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang diandalkan PB PBSI terhenti di babak semifinal.

Dari arena panahan yang melombakan empat nomor final, Indonesia hanya diwakili Diananda Choirunisa di nomor recurve perorangan putri. Pemanah asal Surabaya, Jawa Timur, itu, akan beradu jitu dengan Zhang Xinyan (China) dalam membidikkan anak panah ke sasaran untuk memperebutkan medali emas.

Upaya mengejar target medali emas juga berlangsung dari arena voli pantai yang mempertandingkan final putra di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan. Pasangan Ade Chandra Rachmawan/Mohammad Ashfiya akan menghadapi wakil Qatar, Ahmed Janko/Cherif Samba.

Atlet voli pantai putra Indonesia, Mohammad Ashfiya (kanan) dan Ade Candra Rachmawan. INASGOC/Muhammad Adimaja

Chandra/Ashfiya menjadi peluang terakhir bagi Indonesia untuk meraih medali emas voli pantai, setelah di kelompok putri hanya mampu mendapatkan medali perunggu.

Sedangkan dari sepak takraw yang mempertandingkan final nomor regu putra, tim Indonesia akan ditantang tim Negeri Jiran Malaysia. Tuan rumah berupaya mengejar medali emas pertama dari cabang olahraga yang banyak dimainkan wilayah Asia Tenggara ini.

Sementara itu, hingga menyelesaikan pertandingan hari ke-9 pada Senin (27/8), kontingen Indonesia sudah mengemas 22 medali emas, 15 perak dan 27 perunggu dengan menempati peringkat keempat. Jumlah medali emas itu melampaui target 16 keping yang dicanangkan. (*/ANTARA)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH