Indonesia Berangkatkan 427 Prajurit Perdamaian ke Lebanon

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Jumat, 01 Desember 2017
Indonesia Berangkatkan 427 Prajurit Perdamaian ke Lebanon
Ilustrasi (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto melepas 427 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 400 Raider/BR yang masuk dalam kontingen Garuda ke-23 ke Lebanon. Pelepasan yang dilaksanakan dengan upacara itu adalah penugasan pasukan perdamaian di bawah bendera PBB.

Dalam amanatnya, Pangdam Wuryanto mengatakan, Indonesia aktif mengirim pasukan untuk misi perdamaian PBB. Kali ini, merupakan pengiriman pasukan penjaga perdamaian ke-23.

"Selama penugasan, keberadaan pasukan TNI sangat diakui dan diapresiasi. Kultur TNI dengan pembinaan teritorial yang luar biasa selalu jadi yang terbaik," kata jenderal bintang dua itu seperti dilansir Antara, Jumat (1/12).

Prestasi tersebut, lanjut dia, harus menjadi motivasi para prajurit Banteng Raiders. Karena penugasan sebagai pasukan penjaga perdamaian, bukan semata-mata mewakili TNI, namun Indonesia.

Meski demikian, ia meminta para pasukan tetap memprioritaskan kewaspadaan atas ancaman yang bisa terjadi setiap saat di daerah rawan konflik tersebut.

"Jaga kekompakan. Tidak ada egosentris satuan maupun angkatan," katanya.

Pasukan yang ditugaskan ini, menurut dia, tidak hanya melaksanakan misi perdamaian, namun juga misi budaya.

Ia menambahkan, kesenian dan keterampilan lokal daerah akan dibawa ke lokasi penugasan sebagai bagian dari pembinaan teritorial. (*)

#Tentara Nasional Indonesia (TNI) #PBB
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan