Indonesia Bebas dari Sanksi WADA, NPC Fokus Persiapkan Atlet Menuju ASEAN Para Games 2022 Presiden NPC Indonesia Senny Marbun (kanan) menerima bendera NPC dari piminan Musornas NPC, Heru Buwono (kiri), Rabu (20/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Setelah melalui perjalanan panjang, Indonesia bisa kembali tersenyum usai lepas sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Ketua Umum Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengapresiasi kerja keras pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, sehingga Merah Putih dapat kembali berkibar di pentas internasional.

Baca Juga

Rasa Terima Kasih Menpora Pada Gugus Tugas yang Dipimpin Raja Sapta Oktohari

"NPC Indonesia sangat gembira dengan dicabutnya sanksi dari WADA ini. Kami berterima kasih kepada Kemenpora dan tim Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA yang telah berjuang untuk membebaskan Indonesia dari sanksi WADA," ucap Senny Marbun dalam keterangan resminya, Sabtu (5/2).

Menurut Senny, pembebasan Indonesia dari Sanksi WADA ini berdampak pada banyak hal, termasuk dalam persiapan Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games (APG) 2022.

"Adanya pembebasan sanksi WADA ini, NPC Indonesia bisa lebih fokus untuk mempersiapkan atlet menuju ajang internasional dan persiapan menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022," sambungnya.

Indonesia memiliki serangkaian agenda mengikuti berbagai ajang olahraga internasional. Bahkan, Bumi Pertiwi tahun ini juga bakal menjadi tuan rumah APG 2022 menggantikan Vietnam yang mundur.

Rencananya, pesta olahraga untuk atlet disabilitas terbesar di Asia Tenggara itu akan bergulir di Solo pada 20-31 Juli 2022.

Jika sebelumnya, status Indonesia adalah sebagai Conditional Host, kini bakal berganti menjadi Official Host atau tuan rumah resmi ASEAN Para Games 2022.

Baca Juga

Raja Sapta Oktohari: Kami Tak Libur Sebelum Bendera Merah Putih Berkibar Kembali

Dalam waktu dekat NPCI akan meningkatkan intensitas koordinasi dengan ASEAN Para Sport Federation (APSF) untuk membahas persiapan APG 2022. Rencananya pada Minggu atau besok, APSF akan mengadakan rapat internal untuk membahas status terkini Indonesia selepas dicabutnya sanksi dari WADA.

Setelah itu, pada 8 Februari APSF akan melakukan pertemuan virtual dengan NPC Indonesia untuk membahas draft kontrak tuan rumah dan detail pelaksanaan APG 2022.

"Persiapan Indonesia menuju APG makin serius dengan akan diadakannya rapat dengan ketua Komite Nasional Paralimpik negara-negara se-Asia Tenggara pada tanggal 17 Februari mendatang untuk menentukan finalisasi cabang olahraga di APG 2022," kata Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Rima Ferdianto.

Sementara itu, atlet para-bulu tangkis peraih dua emas Paralimpiade Tokyo 2020 pada sektor ganda putri dan campuran Leani Ratri Oktila juga menyambut baik pencabutan sanksi WADA.

"Akhirnya sanksi Indonesia dicabut oleh WADA. Sabagai atlet yang membela nama Indonesia di ajang internasional, pencabutan sanksi ini sangat penting karena bisa meningkatkan semangat atlet dalam bertanding,” ucap Ratri.

"Saya berterima kasih kepada Kemenpora dan tim Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi. Jujur sebagai seorang atlet, pembebasan sanksi WADA ini dapat membantu meningkatkan mental kami saat berlaga di lapangan," pungkasnya. (*)

Baca Juga

Indonesia Lepas dari Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari Ingatkan Baru Langkah Awal

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kalah 0-3 dari Vietnam, Indonesia Bobol di Babak Kedua
Olahraga
Kalah 0-3 dari Vietnam, Indonesia Bobol di Babak Kedua

Timnas Indonesia U-23 takluk tak berdaya terhadap keunggulan timnas Vietnam dalam pertandingan pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (6/5).

Sempat Menghilang karena Cedera, Nandhira Kembali dengan Raihan Perak di SEA Games 2021
Olahraga
Sempat Menghilang karena Cedera, Nandhira Kembali dengan Raihan Perak di SEA Games 2021

Nandhira Mauriskha menyumbang satu buah medali perak SEA Games 2021 dari cabang olahraga (cabor) wushu nomor Women's Taolu Jianshu.

Beda Poin Tuan Rumah Vietnam Hanya 0,01, Nandhira Mauriskha Raih Perak
Olahraga
Beda Poin Tuan Rumah Vietnam Hanya 0,01, Nandhira Mauriskha Raih Perak

Nandhira Mauriskha mempersembahkan medali perak dari cabang olahraga wushu pada nomor Women's Taolu Changquan.

Putus Penyebaran COVID-19, IBL Setop Sementara Seri Bandung
Olahraga
Putus Penyebaran COVID-19, IBL Setop Sementara Seri Bandung

Manajemen Indonesia Basketball League (IBL) melakukan langkah cepat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan mengistirahatkan sementara pertandingan pada seri kedua Bandung.

Atjong Tio dari Cabor Atletik Bawa Pulang Medali Perunggu ke Tanah Air
Olahraga
Atjong Tio dari Cabor Atletik Bawa Pulang Medali Perunggu ke Tanah Air

Atjong Tio Purwanto menambah koleksi medali kontingen atletik Indonesia pada SEA Games 2021. Ketenangan menjadi kunci kesuksesan mengamankan perunggu. Dalam perlombaan di Stadion Nasional My Dinh, Senin (16/5), Atjong turun di nomor 3000 meter halang rintang putra. Ini merupakan nomor andalannya.

Dua Sosok Pemain Baru Persis Solo
Olahraga
Dua Sosok Pemain Baru Persis Solo

Persis Solo kembali merekrut dua pemain baru untuk berlaga di babak delapan besar Liga 2 musim 2022/2022.

Polisi Izinkan Piala Presiden 2022 di Bandung
Olahraga
Polisi Izinkan Piala Presiden 2022 di Bandung

Pelaksanaan turnamen Piala Presiden 2022 di Bandung, Jawa Barat, sudah mendapatkan izin dari Polda Jabar.

Persis Solo Resmi Rekrut Irfan Bachdim
Olahraga
Persis Solo Resmi Rekrut Irfan Bachdim

Persis Solo tampaknya tak mau berlama-lama kecewa dengan hasil 1-1 lawan PSG Pati pada laga lanjutan putaran kedua Liga 2.

Arema FC Women Ikuti Turnamen di Turki
Olahraga
Arema FC Women Ikuti Turnamen di Turki

Arema FC Putri dijadwalkan mengikuti turnamen di Turki bertajuk Antalya Cup. Rencananya, event tersebut diselenggarakan pada 20-27 Februari 2022.

Garuda Pesta Gol
Olahraga
Garuda Pesta Gol

Meladeni Laos di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12) sore WIB, Indonesia menang telak 5-1. Ini merupakan kemenangan kedua skuat Garuda.