Indonesia Bawa Isu Pangan pada KTT G7 di Jerman

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 23 Juni 2022
Indonesia Bawa Isu Pangan pada KTT G7 di Jerman
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Pertemuan G7 Summit for Partner Countries akan digelar di Elmau, Jerman, 26-27 Juni mendatang. Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan kunjungan ke Jerman untuk menghadiri KTT G7 usai menerima undangan dari Jerman sebagai ketua G7.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, dalam G7 Summit for Partner Countries tersebut, salah satu isu yang akan dibahas adalah mengenai masalah pangan.

Baca Juga:

Gebrakan Jokowi Temui Presiden Rusia dan Ukraina Bahas Resolusi Damai

"Isu pangan, energi, dan keuangan akhir-akhir ini terus menjadi pembicaraan dunia," kata Retno di Jakarta, Rabu (23/6).

Dia mengatakan, pandemi COVID-19 telah membawa dampak bagi ekonomi dunia dan di tengah upaya pemulihan ekonomi, terjadi peperangan di Ukraina yang dampaknya turut dirasakan di berbagai negara di seluruh dunia.

"Kita semua paham posisi Ukraina dalam rantai pasok pangan dan energi global," tambahnya.

Selain mengikuti KTT, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan-pertemuan bilateral dengan para pimpinan negara-negara anggota G7 dan negara mitra lain yang turut hadir.

Presiden Jokowi juga dijadwalkan untuk melanjutkan perjalanannya ke Ukraina dan Rusia usai kegiatannya di Jerman dan berencana bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin secara terpisah di Kiev dan Moskow.

Ia menegaskan, kunjungan Presiden ini menunjukkan kepedulian terhadap isu kemanusiaan serta mencoba memberikan kontribusi untuk menangani krisis pangan.

"Dampak perang dirasakan oleh semua negara terutama negara berkembang dan berpendapatan rendah, dan terus mendorong semangat perdamaian," katanya dikutip Antara. (*)

Baca Juga:

Politisi PKS Dukung Langkah Jokowi Temui Presiden Rusia dan Ukraina

#Kemenlu #Data Pangan #Rawan Pangan #Rusia #Ukraina
Bagikan
Bagikan