Indonesia Bakal Uji Klinis Tahap II Vaksin Buatan Korsel

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 22 September 2020
Indonesia Bakal Uji Klinis Tahap II Vaksin Buatan Korsel
Lab Vaksin Bio Farma. (Foto: Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Indonesia dipastikan akan ambil bagian dalam uji klinis tahap II untuk calon vaksin COVID-19 buatan perusahaan farmasi asal Korea Selatan Genexine Inc. Uji klinis II ditargetkan akan dimulai Oktober.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskam, pengembangan vaksin buatan Genexine telah mendekati akhir uji klinis tahap I yang berlangsung di Korea Selatan. Kementerian Keamanan Pangan dan Obat-Obatan Korea Selatan (MFDS) pada Juni 2020 menyetujui uji klinis tahap I GX 19.

Genexine mengembangkan calon vaksin COVID-19 yang disebut dengan GX 19 dan untuk uji klinis di Indonesia dengan menggandeng PT Kalbe Farma Tbk.

Baca Juga:

Diplomasi Vaksin COVID-19 Ala Indonesia

Dua perusahaan itu pada 2017 telah membangun kerja sama pendirian perusahaan gabungan PT Kalbe Genexine Biologics (KGBio), yang salah satu misinya mengembangkan obat-obatan dan vaksin.

GX 19 merupakan calon vaksin COVID-19 yang dibuat oleh konsorsium sejumlah perusahaan, di antaranya Genexine sebagai koordinator, Binex, International Vaccine Institute (IVI), GenNbio, KAIST, dan POSTECH. Calon vaksin itu menggunakan material DNA yang bertujuan menciptakan antigen dalam sistem kekebalan tubuh.

Menlu Retno
Menlu Retno. (Foto: Kemenlu).

Retno menyebutkan, pemerintah telah mengamankan 20-30 juta dosis calon vaksin COVID-19 pada 2020 dan 290-340 juta dosis vaksin pada 2021.

Tidak hanya dengan Genexine, Indonesia juga menjalin kerja sama dengan G42 Healthcare Holding, perusahaan farmasi asal Uni Emirat Arab (UAE) lalu Sinovac dan Sinopharm dan terus menjajaki peluang kerja sama pengadaan calon vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca dan Imperial College London.

Baca Juga:

Gandeng Erat Tiongkok Kala Kembangkan Vaksin COVID-19 Merah Putih

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Kemenlu
Bagikan
Bagikan