Indonesia Bagian Timur Alami Gangguan Internet

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 20 September 2021
Indonesia Bagian Timur Alami Gangguan Internet
Internet. (Foto:Pixabay)

MerahPutih.com - Gangguan jaringan internet melanda kawasan di Wilayah Indonesia Timur. Hal ini akibat terjadi gangguan pada sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera dan Kalimantan (JaSuKa) ruas Batam - Pontianak, Minggu (19/07) mulai sekitar pukul 17.33 WIB.

Ganguan teknis dirasakan masyarakat di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Baca Juga:

DPR Minta Polisi Usut Tuntas Pihak Penyebar Sertifikat Vaksin COVID-19 Jokowi di Internet

"Telah terjadi gangguan layanan TelkomGroup di beberapa wilayah Indonesia, dan saat ini sementara dalam perbaikan," kata SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza, melalui siaran pers, di Manado, Minggu (19/9).

Ia menegaskan, terjadi pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia. Sedangkan, untuk layanan telepon dan SMS masih dapat diakses dengan normal.

"Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam, sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini. Kami masih mengidentifikasi penyebab terjadinya gangguan," jelasnya.

Jaringan Telkom di Papua
Jaringan Telkom di Papua. (Foto: Antara)

Manajemen Telkom, kata Ahmad Reza menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan pelanggan di wilayah terdampak.

"Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan TelkomGroup dapat kembali normal secepatnya," jelasnya.

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan, TelkomGroup sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan, dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.

"Kami akan segara menginformasikan proses pemulihan layanan tersebut secara berkala," jelasnya. (Asp)

Baca Juga:

85,2 Persen Penduduk Bandung Pengguna Internet

#Internet #Telkom Group #Telkomsel #BUMN #Kinerja BUMN
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan