Indonesia-Australia Miliki Budaya Ngopi Yang Sama Australia siap memfasilitasi juara nasional Indonesia AeroPress Championship 2018. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

DEWASA ini, kopi memainkan peranan penting bagi kehidupan masyarakat di Indonesia. Begitu penting hingga masyarakat seolah bergantung pada minuman yang mengandung kafein tersebut. Masyarakat Indonesia biasa menikmati secangkir kopi kala sedang berkumpul bersama teman-teman, saat kerja atau di pagi hari. Mereka pun bisa meminum kopi di mana saja mulai dari di rumah, kedai kopi hingga kantor.

Kebiasaan meminum kopi di Indonesia telah membentuk kebudayaan baru dalam masyarakat Indonesia. Hal tersebut mengundang perhatian masyarakat dari negara tetangga Indonesia yakni Australia. Konselor Publikasi Kedutaan Besar Australia, Nicholas Kettel menuturkan bahwa kebiasaan ngopi di Indonesia serupa dengan mayoritas masyarakat Australia.

ngopi
Budaya ngopi di Indonesia dan Australia memiliki kesamaan. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Baca juga: Surganya Pencinta Kopi, Jakarta Coffee Week 2018 Hadirkan 81 Gerai

“Saya melihat Indonesia dan Australia sama-sama memiliki kecintaan kepada kopi yang luar biasa,” tuturnya ketika ditemui di ABCD School of Coffee (19/9). Dirinya menyebutkan, kemiripan kebudayaan ngopi di Indonesia yang mirip dengan kebiasaan ngopi masyarakat Australia salah satunya yakni menikmati secangkir kopi di pagi hari.

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari, ia dan masyarakat Australia lainnya gemar meminum kopi. “Kami biasa meminum kopi sebelum berangkat kerja atau memulai aktivitas di pagi hari. Hal tersebut juga saya temukan di Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, kebiasaan masyarakat Indonesia lain yang terkait dengan kopi yakni kegemaran minum kopi di kedai kopi. Kettel menemukan banyak sekali masyarakat Indonesia yang menghabiskan waktu di kedai kopi. Itu juga ditemukan olehnya di Australia.

ngopi
Kopi membuat lebih rileks. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

“Kami juga biasa menikmati kopi di kedai kopi di sela-sela aktivitas,” ujarnya. Di Australia, masyarakat biasa menikmati kopi sembari melihat pemandangan kota. Bagi masyarakat Australia, memandang kota sembari menghirup aroma lalu menyesap kopi membuat mereka lebih rileks. Mereka pun lebih siap dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Persamaan gaya hidup masyarakat Indonesia dan Australia yang berkaitan dengan kopi membuat mereka merasa memiliki ikatan lebih dengan masyarakat Indonesia. Kedutaan Australia pun mendukung berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kopi di Indonesia. Salah satunya adalah Jakarta Coffee Week 2018 yang akan diselenggarakan 28 hingga 30 September 2018. Pihak Kedutaan Besar Australia bahkan akan memfasilitasi juara nasional Indonesia AeroPress Championship 2018 untuk berlaga di World AeroPress Championship di Sydney, Australia. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH