Indiskop Festival, Bukti Industri Film Enggak Cengeng di Era New Normal Indiskop Festival dihelat Juni hingga Agustus 2020 (Foto: Istimewa)

BIOSKOP dan industri film di seluruh dunia harus terhenti sementara karena pandemi COVID-19. Namun, hal ini tidak membuat industri film Indonesia mengeluh. Dalam rangka industri film tetap kreatif dan enggak cengeng di masa pandemi, Indiskop menggelar Indiskop Festival. Apa itu?

Indiskop Festival merupakan gudangnya segala hal tentang film. Festival ini akan menghadirkan program edutainment yang diproduksi dan didistribusikan secara daring melalui aplikasi khusus, platform webinar dan kanal sosial media Indiskop.

Baca juga:

Kisah Petugas YPD Rawinala, Enggak Cengeng Menangani Anak Disabilitas Positif COVID-19

Festival ini akan diselenggarakan pada Juni hingga Agustus 2020 dengan tema "Indonesia Bangkit-Dari Rumah untuk Indonesia".

Marcella Zalianty sebut Indiskop Festival bertujuan agar industri film Indonesia tetap produktif di tengah pandemi (Foto: Istimewa)

Indiskop Festival juga akan membawakan rangkaian program menarik seputar film semisal film making class, social and creative enterpreneurship class, talkshow, short film competition, dan film screening.

Tujuan acara ini untuk membangun rasa optimis di tengah pandemi yang belum berakhir. "Menyebarkan energi positif melalui film festival menjadi salah satu bentuk kreatif dalam menyiasati masa pandemi," ungkap Marcella Zalianty, inisiator Indiskop Festival dalam keterangan tertulis yang diterima merahputih.com.

Salah satu program paling menarik dari festival ini ialah kompetisi film pendek. Siapapun bisa mencoba peruntungan dengan mengikutkan film pendek buatan sendiri. Film yang menang akan ditayangkan di kanal aplikasi Indiskop. Para pemenang juga akan merasakan "Malam Penghargaan" yang dilakukan secara virtual.

Baca juga:

Frozen Food, Bisnis Enggak Cengeng di Tengah Pandemi

Lalu ada Indistalk, program talkshow yang membahas berbagai tema terkait film, sosial budaya, dan topik kekinian lainnya. Sejalan dengan perayaan HUT RI ke 75, program Indiscreening menampilkan film-film hasil kurasi dengan tema "Indonesia Bangkit".

Rangkaian program Indiskop Festival (Foto: Istimewa)

Selain itu ada program Indisclass, yang menampilkan pembelajaran film dan juga industri kreatif yang dilakukan secara online, di antaranya kelas film bisnis dan strategi, kelas story telling, kelas film produksi, kelas penyutradaan, kelas penulisan skenario, editing, dan kelas kewirausahaan sosial.

Kelas-kelas tersebut akan disiarkan melalui platform Zoom. Di akhir acara akan diputarkan film-film hasil kompetisi film pendek dengan tema "#DariRumahuntukIndonesia" melalui kanal aplikasi Indiskop.

"Film hasil pemenang kompetisi dapat menjadi salah satu medium interaktif masyarakat yang diharapkan untuk saling menularkan semangat positif," pungkas Marcella Zalianty. (ikh)

Baca juga:

Dear Class of 2020 Serukan Generasi Enggak Cengeng

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH