India Larang Penggunaan Aplikasi TikTok dan WeChat, Ada Apa? India Larang penggunaan aplikasi TikTok (Foto: anadoluagency)

INDIA belum lama ini telah melarang lusinan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan Tiongkok, termasuk TikTok, WeChat dan beberapa aplikasi lainnya.

Kementerian Teknologi Informasi India membuat keputusan tersebut mengingat sejumlah aplikasi diduga terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan, integritas India, pertahanan India, kemanan negara dan ketertiban umum.

Baca Juga:

Ketika Robot Artificial Intelligence Jadi Peran Utama dalam Film

India larang 59 aplikasi asal Tiongkok, termasuk TikTok (Foto: pixabay/konkarampelas)

Seperti yang dilansir dari laman endgadget, larangan itu mencakup 59 aplikasi sekaligus. Termasuk komuntias Mi xiaomi dan panggilan video Mi.

Seperti halnya di beberapa negara lain, TikTok merupakan masalah besar di India. Aplikasi video pendek tersebut memiliki lebih dari 200 juta pengguna di India, dan diperkirakan akan menembus angka 300 juta pengguna pada akhir tahun ini.

Menurut TechCrunch, seluruh aplikasi masih tersedia di App Store dan Google Play Store. Tak jelas saat ini bagaimana India berencana untuk meneggakan larangan tersebut.

Baca Juga:

Waspada, Peretas Kartu Kredit Bisa Bersembunyi Dalam Gambar

Larangan sejumlah aplikasi Tiongkok dipicu situasi ketegangan antara India dan Tiongkok (Foto: pixabay/shivamjoker)

Langkah itu dipicu situasi ketegangan antara dua negara terpadat di planet ini. Awal bulan ini, sedikitnya 20 tentara India tewas dalam bentrokan perbatasan dengan pasukan Tiongkok. Terlebih pemerintah setempat telah menerima data soal keamanan.

"Tim tanggap darurat komputer (CERT-IN) telah menerima banyak pernyataan dari warga mengenai keamanan data dan pelanggaran privasi yang berdampak pada masalah ketertiban umum," ucap Pemerintah setempat.

Karena itulah Pemerintah India akan mengambil tindakan tegas terhadap aplikasi yang dianggap merusak kedaulatan India dan privasi warga negara India. (Ryn)

Baca Juga:

Ilmuwan Korea Selatan Kembangkan Robot untuk Tes Swab Corona

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH