MotoGP

India akan Gelar MotoGP, Kemungkinan Tahun 2024

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 22 September 2022
India akan Gelar MotoGP, Kemungkinan Tahun 2024
Sirkuit Internasional Buddh akan jadi tuan rumah. (Foto: EVO India)

PUNYA pasar kendaraan roda dua terbesar di dunia, rasanya sudah waktunya bagi India untuk memperluas pasar otomotif mereka lewat gelaran balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP. India menjadi destinasi tepat bagi Dorna Sports yang saat ini tengah berekspansi ke kawasan Asia Selatan.

Kejuaraan dunia Grand Prix itu sudah menancapkan benderanya ke wilayah Asia-Pasifik, lewat gelaran di negara-negara seperti Jepang, Australia, Malaysia, Thailand, dan Indonesia yang rutin masuk ke kalender balap tahunan MotoGP.

Seperti dilansir laman Motorsport, Rabu (21/9), CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengunjungi India untuk mengadakan diskusi mendalam dengan Fairstreet Sports. Dalam momen tersebut, rupanya kedua pihak langsung menandatangani Nota Kesepahaman (MoU).

Ezpeleta mengatakan India merupakan negara dengan pasar yang amat besar. Menjadikan negara tersebut sebagai kunci penting bagi MotoGP yang terus ingin mempromosikan kejuaraan dunia Grand Prix ke calon penggemar baru, menyusul menurunnya jumlah penonton selama musim 2022 ini.

Baca juga:

Tips bagi Traveller ketika Mengunjungi India via Nepal

Pembalap MotoGP akan memiliki negara baru untuk disambangi dalam kalender balap. (Foto: MotoGP)

Pria berkebangsaan Spanyol itu percaya bahwa dengan pasar penggemar yang besar, MotoGP akan kian populer dan akan menjadi tontonan nan luar biasa.

"Di MotoGP, kami berkomitmen kepada penggemar kami dan bertujuan untuk membuat olahraga ini dapat diakses oleh semua orang, di mana pun mereka berada, siapa mereka, atau status ekonomi mereka," ungkap Ezpeleta.

Ezpeleta menambahkan bahwa sepeda motor merupakan alat transportasi yang luar biasa di berbagai belahan dunia. Alat transportasi yang menggerakkan masyarakat, menyediakan mobilitas ekonomi dan menggerakkan keluarga di seluruh dunia.

"Balapan di India akan menjadi cerminan komitmen kami untuk membuka pintu olahraga seluas yang kami bisa, dan akan menjadi pencapaian penting bagi kejuaraan," lanjutnya.

Baca juga:

Dorna Sports Raih Sertifikasi ISO 20121

Formula 1 pernah digelar di sirkuit yang sama pada 2011-2012. (Foto: Formula 1)

Alih-alih dinamai GP India, balapan yang akan digelar di Sikruit Internasional Buddh itu akan bertajuk GP Bharat, dan direncanakan bergulir paling lambat tahun depan. Namun, Dorna Sports tak menutup opsi untuk mengadakannya pada musim 2024 sebagai kemungkinan yang lebih realistis.

Sayang, hingga saat ini belum ada penetapan tanggal sementara atau setidaknya bulan kapan GP Bharat akan digelar. Sementara, Sirkuit Internasional Buddh sendiri telah menjadi tuan rumah bagi berbagai kejuaraan balap roda dua, seperti Asia Road Racing Championship (ARRC) pada 2016.

Meskipun sirkuit itu dibangun dengan standarisasi Formula 1, namun trek Buddh tetap dirancang untuk mempertimbangkan opsi balap motor. Terdapat tikungan 10/11/12 yang bisa menjadi alternatif untuk balap motor seperti ARRC.

Bila rencana berjalan sesuai target, maka MotoGP akan menjadi hajatan olahraga motor bergengsi pertama yang digelar di India, setelah ARRC dan Formula 1 pada 2011-2012. Selain itu, kota Hyderabad di India juga telah dikonfirmasi akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap mobil listrik. (waf)

Baca juga:

Sepang Optimistis Bisa Gaet Penonton Indonesia ke MotoGP Malaysia

#MotoGP #Olahraga
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan