Indahnya Pesona Alam Paniis Singkup

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 20 Agustus 2016
Indahnya Pesona Alam Paniis Singkup
Objek wista Paniis Singkup, Kabupten Kuningan, Jawa Barat. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata- Selalu banyak alasan mengapa memilih Kabupaten Kuningan sebagai tujuan destinasi wisata. Ada banyak varian objek wisata di sini. Utamanya tentu pesona alamnya di tengah bentangan kaki Gunung Ciremai.
Paniis Singkup salah satunya.

Objek wisata Paniis Singkup menawarkan suasana alam dengan vegetasi pepohonan pinus menghadirkan suasana yang sejuk dan nyaman. Selain itu, di dalam kawasan wisata mengalir sebuah sungai yang langsung dari mata airnya. Jernihnya air semakin menambah suasana sangat nyaman dan membuat pengunjung menjadi rileks.

Namanya berasal dari dua desa yang melingkupinya, yakni Desa Paniis dan Desa Singkup. Yap, secara geografis objek wisata ini berada di dua desa tersebut, di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jarak dari Kota Kuningan hanya sekitar 30 kilometer, sementara dari Kota Cirebon sekitar 55 kilometer.

Suasana sejuk segera menyapa ketika memasuki kawasan wisata alam tersebut. Pohon-pohon pinus tegak berdiri, menghalau panas yang beberapa menit sebelumnya masih terasa.

Pohon Pinus tumbuh rapi di kawasan wisata Paniis Singkup (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

Dahulu kawasan ini berada di wilayah hutan produksi Perhutani. Sejak 2011, kawasan itu dikelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Aneka Usaha.

Kini objek wisata Paniis Singkup semakin cantik dengan telah dibangunnya beberapa fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut diantaranya adalah lahan parkir yang luas, spot-spot untuk gathering, toilet, mushola, dan warung-warung jajanan yang tersedia di sekitar area Paniis Singkup.

Selain menawarkan wisata mata air, Paniis Singkup juga menawarkan area perkemahan yang sangat representatif, dapat menampung hingga ratusan orang. Area perkemahan ini ditumbuhi dengan pohon-pohon pinus yang rindang.
Bahkan, kawasan hutan pinus di sini tak kalah indahnya dengan kawasan hutan wisata Dlingo, di Yogyakarta.

Jika tak ingin jauh-jauh dari Jawa Barat, tentu berwisata hutan pinus tak perlu ke Dlingo karena Paniis Singkup merupakan pilihan tepat. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Wisata Ke Curug Sidomba, Air Terjun di kaki Gunung Ciremai
  2. Desa Wisata Sitonjul Tawarkan Suasana dan Keaslian Budaya
  3. Tiap Bulan, 100 Wisatawan Asing Kunjungi Gedung Perjanjian Linggarjati
  4. Pemkab Jogja Diminta Gandeng Warga Munculkan Potensi Wisata
  5. Daya Tarik Istana Ratu Boko
#Pesona Indonesia #Paniis Singkup #Wisata Kuningan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan