Indahnya Pemandangan Kebun Buah Mangunan di Yogyakarta Puncak Kebun Buah MANGUNAN Imogiri, Yogyakarta (Foto: Instagram @ intan_ew1704)

MerahPutih Wisata – Tak hanya memiliki banyak objek wisata pantai yang Indah disekitar Gunungkidul. Yogyakarta juga memiliki wisata Kebuah Buah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta yang kini tengah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Yogyakarta.

Terletak di Desa Mangunan berjarak sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi yang mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian yang membuat kawasan wisata Kebun Buah Mangunan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu nan Indah.

Wisata Kebun Buah Mangunan ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas dan belum sepopuler objek wisata lainnya yang ada di Jogja seperti Candi Prambanan, Malioboro dan beberapa objek wisata pantai di Jogja yang sudah terkenal lebih awal.

Padahal jika dilihat dari pesona keindahan alam yang terdapat di kebun buah Mangunan ini memiliki potensi wisata yang sangat besar dan cukup menarik. Dari kebun buah Mangunan ini kita bisa melihat pemandangan alam yang sangat indah karena letaknya di atas perbukitan, menjadikan kita merasa sedang ada di suatu puncak gunung. Bahkan jika kita sedang beruntung kita bisa menikmati kumpulan awan yang menggumpal di kaki bukit tepat berada di bawah kita.

Akses yang bisa Anda tempuh untuk menuju ke lokasi Kebun Buah Mangunan ini, Anda bisa langsung mengambil jalan lingkar (ring road) selatan kemudian berbelok ke arah selatan ke jalan Imogiri Timur di perempatan terminal Giwangan Jogja. Namun, jika Anda menggunakan bis, bisa langsung menggunakan bis jurusan Terminal – Dlingo.

Berjalanlah terus mengikuti jalan Imogiri Timur sampai di perempatan jalan Bakulan (terdapat papan petunjuk Kebun Buah Mangunan). Berbeloklah ke arah kiri dan ikuti terus jalan tersebut hingga bertemu dengan tugu bertuliskan Kebun Buah Mangunan. Karena belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke area kebun buah Mangunan, jadi sebaiknya gunakan kendaraan pribadi saat Anda pergi ke lokasi wisata ini.

 

Not enough to be your self but your best self. #Mangunan #MorningUniverse #explorejogja

A photo posted by Emnur huda (@emnurhuda) on

BACA JUGA:

  1. Tarik Wisatawan, Yogyakarta Kembangkan Desa Budaya
  2. Keindahan Air Terjun Kedung Kandang Yogyakarta
  3. Embung Nglanggeran, Eksotisme Wisata Air di Yogyakarta
  4. Keanekaragaman di Pantai Ngobaran Gunungkidul
  5. Pantai Sedahan, Pesona Wisata Tersembunyi di Gunungkidul


Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH