Indahnya Iluminasi Manuskrip Kuno Cirebon Hiasan atau iluminasi pada manuskrip kuno membuat orang tertarik membacanya. (foto: MP/Mauritz)

MANUSKRIP kuno di Cirebon bisa ditemukan dengan mudah. Manuskrip itu umumnya dimiliki perorangan. Kondisinya pun masih asli. Pun lembar demi lembar tulisan di dalamnya masih jelas dibaca.

Satu hal yang menarik dari manuskrip kuno tersebut ialah iluminasi atau hiasan. Hiasan-hiasan itu ada pada pinggiran tulisan naskah. Sama seperti tulisan dalam manuskrip, iluminasinya juga masih indah dan sangat rapi serta tidak luntur meski berumur ratusan tahun. Iluminasi dalam manuskrip kuno itu bukan hasil cetakan, melainkan tulisan tangan si penulis naskah.

"Iluminasi berfungsi sebagai penghias halaman, baik di halaman depan maupun halaman berikutnya. Iluminasi yang bagus itu bisa dilihat dari tintanya dan juga bentuknya," ujar Jumanah, peneliti muda manuskrip kuno Cirebon, Senin (11/3).

manuskrip kuno cirebon
Iluminasi berwarna emas menarik perhatian peneliti. (foto: MP/Mauritz)

Ia mengungkapkan iluminasi manuskrip kuno yang paling menarik yaitu yang berwarna emas. Hal itu disebabkan tampilannya yang mencolok. Menurutnya, peneliti banyak yang tertarik untuk mengkajinya. Biasanya iluminasi naskah manuskrip dominan berwarna merah dan hitam.

"Beragam warna tinta yang digunakan untuk membuat ilustrasi agar naskah terlihat indah, salah satunya tinta berwana emas. Ini sangat mencolok sehingga banyak peneliti yang tertarik," jelasnya.

Menurutnya, keindahan iluminasi pada manuskrip kuno merupakan seni hias yang ditulis untuk mempercantik isi naskah. Iluminasi yang indah akan menjadi daya tarik bagi orang untuk membaca naskah.

manuskrip kuno cirebon
Iluminasi yang indah menarik orang untuk membaca. (foto: MP/Mauritz)

"Seperti manuskrip Carub Kanda, Catur Kanda, Carang Satus, dan Carang Sewu," ujarnya menjelaskan contoh-contoh iluminasi pada manuskrip kuno Cirebon.

Lebih lanjut ia menjelaskan manuskrip kuno Cirebon yang memiliki iluminasi kebanyakannya mengandung ajaran Islam, seperti tasawuf, fiqih, dan tauhid. "Manuskrip Cirebon memuat pelbagai informasi di antaranya membahas tentang tasawuf, fiqh, tafsir, silsilah, tauhid, dan tarikat," pungkasnya.(*)

Artikel ini merupakan laporan kontributor Merahputih.com untuk area Jawa Barat dan sekitarnya, Mauritz.

Kredit : mauritz


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH