Indahnya Gua Boki Moruru di Halmahera Tengah Goa Boki Moruru (Instagram@gatotart)

DI Provinsi Maluku Utara bukan hanya Ternate yang memiliki potensi wisata. Contohnya Kabupaten Halmahera Tengah. Di sana terdapat satu gua terkenal dan diburu oleh pelancong. Gua tersebut bernama Gua Boki Moruru.

Terletak di Desa Sagea, Halmahera Tengah, Maluku Utara, gua ini memang cukup sulit dicapai. Kamu harus melewati kondisi jalan yang rusak dan berbukit. Sesampainya di Desa Sagea, perjalanan dilanjutkan dengan ketingting atau perahu kecil untuk menyusuri Sungai Sageyan.

Goa Boki Moruru sangat indah (Instagram/fadelassagaf)
Goa Boki Moruru sangat indah. (Instagram@fadelassagaf)

Alasan menggunakan ketingting adalah kedalaman sungai yang tidak merata. Jika menggunakan perahu bermesin, dikhawatirkan baling-baling mesin akan kandas terkena batu.

Perahu ketingting bisa di sewa ke masyarakat sekitar. Para warga Desa Sagea juga siap menjadi pemandu. Kamu hanya memberikan uang tips ke mereka.

Goa Boki Moruru sangat indah (Instagram/fadelassagaf)
Goa Boki Moruru dalam selimut alam hijau. (Instagram@fadelassagaf)

Dari Desa Sagea jaraknya menuju Gua Boki Moruru sudah cukup dekat hanya sekitar 30 menit. Pemandangan di sepanjang sungai amatlah indah dan asri. Sesekali kamu akan mendengar kicauan burung di atas pohon.

Di pertengahan jalan, kamu akan melihat beberapa tempat keramat, salah satunya Batu Susun, yakni baru berwarna-warni yang berbaris di pinggir sungai. Masyarakat Sagea percaya susunan batu itu ada kaitannya dengan asal usul mereka.

Air yang jernih menambah keindahan Goa Boki Moruru (Instagram/eka_hidayati)
Air yang jernih menambah keindahan Goa Boki Moruru (Instagram@eka_hidayati)

Saat sampai ke gua, kamu akan melihat ngarai indah dengan air jernih. Amat sangat disayangkan kalau kamu tidak mengabadikan momen-momen di sana. Kamu juga bisa berenang di sana lho.

Tak sampai di sana, stalaktit dan stalakmit dari Gua Boku Moruru sangat mempesona. Namun ingat, karena kondisinya masih asri jangan sekali-kali kamu merusak alam di sana.

Stalagtit dan stalagmit di Gua Boki  Moruru (Instagram/haris.pasudu)
Stalagtit dan stalagmit di Gua Boki Moruru (Instagram@haris.pasudu)

Ada sebuah hikayat tentang nama Boku Moruru. Konon Boku Moruru diambil dari seorang putri yang kabarnya dari Kesultanan Tidore. Ia menghanyutkan diri ke hilir sungai. Namun, hikayat tersebut hanya berhenti di sana karena asal-usul putri, nama hingga tahunnya tidak jelas. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH