Indahnya Air Terjun Segenter, Surga di Dalam Hutan Nuraksa Spot berfoto di jalur ke Air Terjun Segenter. (Foto: instagram.com/sopian_hadi_24)

PULAU Lombok tak akan ada habisnya dijelajahi. Lombok yang saat ini primadona wisata memiliki sajian alam indah, mulai dari bahari hingga pegunungan.

Nah ketika ke Lombok, tak cuma dapat menikmati sajian alam baharinya, kamu jug bisa mengunjungi banyak tempat wisata alam lain seperti daerah pegunungan dan hutan. Salah satunya Air Terjun Segenter.

1. Kawasan asyik buat pencinta petualangan alam liar

Air Terjun Segenter. (Foto: instagram.com/aya_muhayalah2895)
Air Terjun Segenter. (Foto: instagram.com/aya_muhayalah2895)

Air Terjun Segenter yang populer di kalangan traveller Lombok itu kini dikelola UPT dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, yakni kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa.

Kawasan Tahura Nuraksa yang sudah dikukuhkan sejak 2013 itu berada di Dusun Kumbi, daerah pedalaman Desa Pakuan, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Dengan konsep bentangan alam yang mempertahankan fungsi hutannya, destinasi wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar dengan kegiatan "outdoor adventure".

2. Dari Kota Mataram bisa ditempuh satu jam berkendara

Air Terjun Segenter. (Foto: instagram.com/ghira_anthsa)
Air Terjun Segenter. (Foto: instagram.com/ghira_anthsa)

Akses untuk menuju destinasi Air Terjun Segenter tidak sulit ditempuh dengan berkendara. Dengan berkendara sekitar setengah jam dari Kota Mataram, kamu sudah bisa bertemu dengan gerbang Tahura Nuraksa.

Sementara akses melalui kawasan wisata Hutan Sesaot, jalur ke Tahura Nuraksa dapat ditempuh dengan berkendara sekitar sepuluh menit ke arah timur. Melewati perkampungan warga pesisir hutan, akses kendaraan roda empat terbuka lebar hingga masuk ke halaman lapang yang ada di kawasan Tahura Nuraksa.

Dengan luas kawasan 3.155 hektare, di dalam Tahura Nuraksa ini tersembunyi Air Terjun Segenter. "Untuk yang hobi hiking, berkemah, itu cocok di sini. Areal perkemahan dan rute untuk hiking juga sudah ada," kata seorang pemandu wisata yang berasal dari Desa Pakuan Eka, seperti dikutip Antara.


3. Jalur setapak yang menyajikan suasana alami hutan

Spot berfoto "selfie point". (Foto: instagram.com/septianadewi18_)
Spot berfoto "selfie point". (Foto: instagram.com/septianadewi18_)

Air Terjun Setenter bisa diakses dengan melewati jalur setapak yang lebarnya mencapai dua meter. Kamu bisa berjalan kaki atau pun menggunakan kendaraan roda dua. Bahkan sekitar 700 meter jalur setapak dari halaman lapang Tahura Nuraksa, kondisinya sudah bagus beraspal.

Kesan berpetualang di hutan tropis pun kian terasa ketika kamu melewati jalur rabat setapak menuju kawasan air terjun. Di sela pepohonan yang menjulang tinggi, terselip lahan garapan yang dikelola masyarakat seperti tanaman pisang, cokelat, dan juga nangka.

4. Akhir perjalanan yang tak akan terlupakan

Air Terjun Segenter. (Foto: instagram.com/lalusopianirsadi)
Air Terjun Segenter. (Foto: instagram.com/lalusopianirsadi)

Akhir dari perjalanan menempuh jalur rabat setapak, rasa lelah kamu bakal terbayar setelah bertemu dengan tempat peristirahatan yang berada di pinggiran tebing terjal. Namanya "selfie point".

Dari "selfie point", kamu dapat dengan jelas menikmati keindahan alam dari karakteristik hutan tropis yang ada di kawasan Tahura Nuraksa. Ditambah lagi pemandangan setelah menyaksikan di antara deretan hijau pepohonan raksasa yang menjulang tinggi itu terselip kesegaran deburan Air Terjun Segenter.

Untuk menikmati deburan air terjun, wisatawan harus sedikit menantang adrenalin dengan menuruni tebing terjal dengan 154 anak tangga yang tapak terakhirnya akan langsung disuguhkan dengan areal Segenter. Pengalaman mengunjungi Air Terjun Segenter pasti tak akan terlupakan. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Deretan Perjalanan Kereta Paling Indah di Dunia, Kamu Lebih Suka yang Mana Nih?


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH