Incar Untung Rp 1 Triliun, Anies Putuskan Lepas Saham Bir DKI Pas Ramadan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur Sandiaga Uno (kanan). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melepaskan saham PT Delta Djakarta yang bergerak di bidang usaha bir tepat memasuki bulan puasa Ramadan 2018 ini. Tercatat, Pemprov DKI memegang 26,25 persen saham produsen bir bintang itu selama 45 tahun belakangan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menargetkan Pemprov DKI mendapatkan keuntungan hingga Rp1 triliun denganh melepas saham PT Delta Djakarta. Selama ini tiap tahunnya, Pemprov hanya mendapatkan pembagian keuntungan Rp 38 miliar dengan kepemilikan saham 26,25 persen.

"Kita berharap yakin bahwa penjualan 26,25 ini kita akan mendapatkan tambahan pemasukan lebih dari satu triliun rupiah, jadi kalau kita mau mendapatkan satu triliun rupiah dengan mempertahankan saham di Delta mungkin kita perlu 30 tahun lebih, baru bisa dapat angka tersebut," kata Anies, di Balai Kota DKI, Kamis (17/5).

Produk-produk PT Delta Djakarta. (deltajkt.co.id)
Produk-produk PT Delta Djakarta. (deltajkt.co.id)

Anies berharap keuntungan penjualan saham bir PT Delta ini dapat langsung dirasakan warga. Pembangunan yang difokuskan dari keuntungan saham Delta berupa pembangunan fasilitas pendidikan, program-program terkait kesehatan. Bahkan, lanjut dia, banyak sekali program kesejahteraan rakyat yang bisa dibuat dari dana PT Delta.

"Kita berharap bahwa Proses pelepasan ini akan berjalan dengan lancar dan mudah-mudahan dalam waktu singkat ini bisa tuntas itu yang ingin kita sampaikan," tandas dia.

Janji Transparan

sandiaga
Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno (MP/Asropih)

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menegaskan Pemprov DKI akan bersikap transparan terhadap dana yang diperoleh hasil penjualan saham PT Delta.

"Dan kita akan menunjuk tentunya pihak-pihak yang kredibel, transparan untuk memastikan mendapatkan valuasi terbaik atas kepemilikan saham kita," kata Sandiaga.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini pun berharap proses pelepasan saham PT Delta dapat disetujui langsung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Sesuai dengan seluruh koridor hukum baik di pasar modal maupun juga di perizinan yang diperlukan di wilayah Pemprov DKI, termasuk juga perizinan dari teman-teman di DPRD," ujarnya.

Kebijakan DKI melepas saham di PT Delta ini mendapat dukungan Humas Persaudaraan Alumni (PA) 212 Habib Novel Bamukmin. Menurut dia, lepasnya saham PT Delta Djakarta dari Pemprov DKI dapat memperbaiki citra warga Jakarta dari minum haram dan tidak bermoral. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH