Immigration Nation, Dokumenter Kisah Pilu Para Imigran di Perbatasan AS Serial dokumenter Netflix berjudul Immigration Nation. (Youtube/Netflix)

BERBAGAI masalah tentang kebijakan imigrasi di AS seringkali mengundang pro dan kontra. Di bawah kepempimpinan Trump banyak kebijakan baru yang dibuat dan tentunya berdampak bagi banyak imigran.

Pada 3 Agustus 2020, Netflix merilis serial dokumenter yang berjudul Immigration Nation. Serial ini mengkisahkan tentang bagaimana kebijakan tentang Imigrasi dan Bea Cukai selama di bawah kepemimpinan Trump.

Seri dokumenter ini digarap oleh Christina Clusiau dan Shaul Schwarz yang mengikuti pergerakan Immigration and Customs Enforcement (ICE).

Baca juga:

'Host', Film Horor yang Sepenuhnya Diproduksi Menggunakan Aplikasi Zoom

Dilansir dari Thedailybeast, semenjak 2017 pembuat film mengikuti pergerkan ICE menangkap korban jiwa akibat kebijakan Imigrasi yang ditegakkan oleh Presiden AS tersebut.

Kisah yang dirangkum ke dalam enam episode ini akan menceritakan keluarga-keluarga yang tidak memiliki dokumen resmi dan ditahan oleh pemerintahan AS.

Immgration Nation, Dokumenter Kisah Pilu Para Imigran di Perbatasan AS
Immigration Nation menceritakan bagaimana ketidakadilan atas hak asasi manusia. (Youtube/Netflix)

Dokumenter ini membuat penontonnya turut merasakan pilu melihat penggebrekan yang dilakukan para agen ketika menangkap para imigran ilegal. Kamu akan melihat setiap proses penangkapan, bahkan sampai penderitaan yang dialami para imigran di Negeri Paman Sam.

Lewat Immigration Nation, kamu akan melihat bagaimana masalah hak asasi manusia di Amerika terhadap para imigran. Mengutip laman Indiewire, kebijakan tanpa toleransi yang diberikan pemerintah AS membuat para pekerja imigran ini tertindas.

Baca juga:

Tom Holland dan Robert Pattinson Beradu Akting di Film 'The Devil All the Time'

Penggrebekan yang dilakukan ICE dan pusat pertahanan negara di perbatasan Amerika Selatan ini memang menjadi perhatian media sejak 2018. Muncul bukti-bukti nyata atas perlakuan yang tidak manusiawi terhadap para imigran.

Immgration Nation, Dokumenter Kisah Pilu Para Imigran di Perbatasan AS
Episode pertama berjudul 'Installing Fear' di mana para agen mulai beroperasi. (The Times of Israel)

Sejak episode pertama, kamu akan melihat para agen yang melakukan penenangkapan di lapangan. Dikutip dari laman Theplaylist, kisah ini menjadi bukti nyata bagaimana kebijakan tanpa toleransi ini mengerikan di bawah kepempimpinan Donald Trump.

Immgration Nation sangat direkomendasikan untuk kamu tonton. Tidak hanya memberikan pesan tentang hak asasi manusia, tetapi juga membuat mata kita terbuka tentang ketidakadilan atas kebijakan pemerintahan AS. (ren)

Baca juga:

Zola, Film yang Terinspirasi Thread Viral


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH