Imlek Nasional 2021: Peduli Pada Diri Sendiri, Masyarakat dan Bangsa

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 09 Februari 2021
Imlek Nasional 2021: Peduli Pada Diri Sendiri, Masyarakat dan Bangsa
Konferensi pers imlek Nasional 2021 (Ist)

Merahputih.com - Tahun Baru Imlek 2572 yang berlangsung pada masa pandemi COVID-19 akan sangat berbeda dengan sebelumnya, sekaligus menjadi momentum baru bagi umat Konghucu dan masyarakat Tionghoa yang menjalaninya.

“Nuansa kesederhanaan, pemanfaatan teknologi serta penerapan protokol kesehatan akan kuat terasa tahun ini,” ujar Ketua Panitia Imlek Nasional, G. Sulistiyanto dalam konferensi pers daring, Selasa (9/2).

Baca juga:

Makanan Tahok Khas Negeri Aing,Berasal dari Etnis Tionghoa

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy turut hadir dalam konferensi pers secara virtual itu.

Sulistiyanto menjelaskan, gelaran Imleknas 2021 bertemakan ‘Untukmu Negeri, Kami Berbakti dan Peduli’. Panitia juga tidak menggunakan kata ‘perayaan’ pada Imleknas 2021. Mengingat, kondisi bangsa yang sedang berjuang melawan pandemi COVID-19.

Acara yang berlangsung secara virtual pada Sabtu (20/2) pukul 10.00 dan akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, para menteri Kabinet Indonesia Maju, serta pejabat pemerintah dan para tokoh masyarakat ini diharapkan menjadi simbolisasi kepedulian terhadap sesama.

“Pandemi menjadi kesempatan kami untuk saling peduli dan mendukung melalui banyak cara, memulainya dari diri sendiri," tandas dia.


Ketua Panitia Imlek Nasional, G. Sulistiyanto (tangkapan layar)

Mengenakan masker dengan baik, dan menghindari kerumunan misalnya adalah wujud cinta kasih kepada diri sendiri dan lingkungan sekitar.

"Kami percaya kita dapat melakukannya tanpa kehilangan makna dari Tahun Baru Imlek tersebut,” kata Sulistiyanto yang juga pendiri Gerakan Pakai Masker Nasional.

Bentuk kepedulian terhadap sesama juga berlangsung melalui serangkaian penyaluran bantuan sosial kemanusiaan berupa beras serta masker di sejumlah wilayah nusantara, dan akan berlanjut hingga sekian bulan ke depan.

Masyarakat berkesempatan mengikuti Imlek Nasional 2021 melalui penayangan langsung secara daring di Kompas TV, Daai TV serta akun Youtube Imlek Nasional.

Baca juga:

4 Hal Ini Wajib Dilakukan Sebelum dan Ketika Merayakan Imlek!

Panitia Imlek Nasional 2021,terdiri dari G. Sulistiyanto selaku Ketua Panitia, didampingi oleh Teddy Sugianto, David Herman Jaya dan Arief Harsono sebagai Wakil Ketua Panitia, dibantu oleh Sekretaris 1 dan Sekretaris 2, Eddy Hussy dan Ulung Rusman. Serta Pui Sudarto di Kebendaharaan Panitia, bersama para tokoh masyarakat Tionghoa lintas organisasi, bisnis dan beberapa bidang lainnya.

Adapun sejumlah Organisasi Sosial Kemasyrakatan yang terhimpun dalam kegiatan Imlek Nasional 2021 antara lain Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (PERMABUDHI), Asosiasi Pengusaha Indonesia(APINDO) dan beberapa organisasi lain yang turut mendukung acara ini. (*)

#Imlek #Tahun Baru Imlek #Perayan Imlek Di Indonesia
Bagikan
Bagikan