IMF-Bank Dunia Soroti Perkembangan Gunung Agung

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 18 Oktober 2017
IMF-Bank Dunia Soroti Perkembangan Gunung Agung
Anggota Brimob yang bertugas di kawasan Gunung Agung turut bersembahyang di Pura Besakih, Karangasem, Bali, Kamis (5/10). (ANTARA FOTO/Hendra)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan dalam Pertemuan Tahunan IMF-WB 2017 di Washington DC, AS, Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia ikut menyoroti perkembangan Gunung Agung. Saat ini Gunung Agung masih dalam status Level IV atau Awas.

Luhut dalam coffee morning bersama wartawan di Jakarta, Selasa (17/10), mengatakan dirinya yang hadir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo ditanyai mengenai status Gunung Agung.

Dalam kesempatan itu, ia menceritakan bahwa delegasi Indonesia membawa serta Profesor Surono yang ahli Gunung Agung yang menjelaskan dengan detail mengenai perkembangan gunung api setinggi 3.142 mdpl itu.

"Yang menarik, Gunung Agung ini sejak dinyatakan awas sampai hari ini kelihatannya energinya terus turun. Ini kita tunggu apakah diturunkan statusnya atau tidak, saya kira akan jadi isu di sana," ujarnya.

Mantan Menko Polhukam itu menuturkan, dalam pertemuan itu dirinya sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali menginformasikan sejumlah persiapan yang telah dilakukan.

"Dari apa yang kami sampaikan, komentar Presiden Bank Dunia maupun Direktur Pelaksana IMF, mereka bilang mereka puas atas semua persiapan yang kita lakukan," katanya. Tim Bank Dunia dan IMF juga telah mengunjungi Bali September lalu.

Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pertemuan Tahunan IMF-WB di Bali pada Oktober 2018 yang diselenggarakan di Bali. (*)

Sumber: ANTARA

#Gunung Agung #IMF
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan