Imbauan Wakapolri untuk Pemudik Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (kanan depan). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

MerahPutih.com - Polri menerjunkan ratusan ribu personelnya untuk mengamankan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2018.

Seluruh personel disebar di titik-titik keramaian arus mudik Bahkan hingga pengamanan objek vital. Hal ini guna memastikan keamanan dan kenyamanan bagi pemudik.

"300 ribu untuk pengamanan arus mudik lebaran seluruh Indonesia. Ada pengamanan khusus tertutup oleh tim-tim khusus," kata Wakapolri Komjen Pol Syafruddin saat memantau arus mudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (11/6).

Wakapolsek Subah Iptu Edy Sunaryo (kedua kanan) berbincang dengan pemudik saat memimpin patroli keamanan bersama TNI dan Polri di jalur tol fungsional Batang-Samarang, Batang, Jawa Tengah, Minggu (10/6). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Meski begitu, Jenderal Polisi berpangkat bintang tiga ini berharap masyarakat ikut berperan serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban saat musim arus mudik berlangsung.

"Bagi pemudik, imbauannya seperti biasa ya hati-hati kemudian keamanannya terutama dari hal-hal yang bisa terjadi, kebakaran dan sebagainya. Gas-gas dirapikan. Digembok dititpkan ke RT/RW, satpam dan sebagainya untuk menjaga kemanannya supaya rumah yang ditinggalakan kembali lagi aman," imbau Wakapolri.

Menambahkan, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor, kata dia, agar tidak berboncengan melebihi dari tiga orang.

Kendaraan melintas di samping pesan papan informasi waspada LGBT (Lagi Nyetir Gak Boleh Telpon) di jalur tol fungsional Batang-Samarang, Batang, Jawa Tengah, Senin (11/6). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

"Gak boleh, nanti ada peringatan kalau ada anak kecil. Tapi sekarang sudah banyak pengurangan. Sekarang banyak pengemudi roda dua menggunakan kontainer, kereta, naik kapal dan sebagainya sudah banyak pengurangan," imbuhnya.

Di samping itu, dia juga mengimbau agar pemudik tidak menggunakan mobil bak terbuka saat pulang kampung.

"Tidak boleh lah, mobil bak nanti bahaya. Ini semua untuk keselamatan, akan ditindak, jangan ini ada kereta mending naik kereta aja, naik bus lebih bagus," ucapnya. (Fad)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH