Imbauan ICMI Terkait Bencana Gempa Bumi NTB Ilustrasi gempa bumi. Foto: Pixabay/Tumisu

MerahPutih.com - Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menyampaikan keprihatinan dan duka yang mendalam kepada warga di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya di Lombok, yang mengalami gempa bumi dalam sepekan terakhir.

"ICMI turut berduka cita kepada masyarakat NTB terkait bencana alam gempa bumi yang terjadi," ujar Sekretaris Jenderal ICMI M. Jafar Hafsah, melalui keterangan persnya, Selasa (7/8).

Jafar meminta semua pihak bahu membahu dan tidak tinggal diam terhadap kesulitan serta duka yang dialami saudara sebangsanya di provinsi NTB.

Ilustrasi gempa bumi

Karenanya, dia mengajak untuk membantu korban bencana alam gempa bumi di provinsi NTB agar beban kesulitan yang dirasakan dapat berkurang.

"ICMI mengajak semua komponen masyarakat untuk saling bekerja sama dalam membantu korban bencana gempa bumi yang terjadi di NTB," kata Jafar.

Di kesempatan yang sama, ICMI mengapresiasi kesigapan aparatur terkait dalam penanganan korban gempa bumi di provinsi NTB.

Menurut Jafar, tindakan aparat terkait yang cepat ikut mendukung kecilnya dampak akibat bencana alam gempa bumi yang terjadi di NTB.

"Apresisasi terhadap tindakan cepat pemerintah bersama masyarakat lainnya dalam menangani dampak bencana," kata Jafar.

Korban gempa Lombok, NTB. Foto: @Sutopo_PN

Diketahui, dalam sepekan terakhir provinsi NTB diguncang bencana alam gempa bumi pada Minggu (29/7) dan Minggu (5/8). Gempa bumi yang pertama terjadi berkekuatan 6,4 skala richter kemudian disusul kedua sebesar 7,0 skala richter.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat bencana gempa bumi Minggu (5/8) sebanyak 91 orang meninggal dunia dan 209 orang luka-luka.

Wilayah Kabupaten Lombok Utara merupakan lokasi dengan jumlah korban jiwa terbanyak yaitu 72 orang meninggal dunia dan 64 orang luka-luka. (Fdi)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH