Imbauan BMKG Sebelum Masuki Puncak Musim Hujan Ilustrasi BMKG. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan mengingat puncak musim hujan diprakirakan terjadi pada Januari 2018.

"Mengingat Jawa Tengah sudah memasuki musim hujan dan puncak musim hujan diprakirakan terjadi pada Januari, BMKG mengimbau masyarakat agar meningkatkan mewaspadaan," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Kamis (4/1).

Dia menjelaskan bahwa masyarakat perlu mewaspadai potensi genangan air, banjir, maupun tanah longsor.

"Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat, terutama di daerah rawan banjir dan longsor, terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng, dan pegunungan," kata dia.

BMKG, kata dia, juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame atau baliho tumbang.

"Untuk itu, masyarakat harus selalu ingat, jangan berlindung di bawah pohon terutama jika hujan disertai kilat atau petir," ujar dia.

BMKG, kata dia, juga mengingatkan masyarakat terkait dengan potensi ketinggian gelombang laut yang dapat membahayakan aktivitas kapal dengan ukuran kecil.

"Peningkatan ketinggian gelombang laut hingga di atas 2,5 meter harus diwaspadai," kata dia.

Sementara itu, dia juga menambahkan bahwa terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Tengah pada Kamis malam.

"Ada potensi hujan di sebagian wilayah di Jawa Tengah pada Kamis ini," tandasnya. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH