Imbauan Asyik Ibu Negara untuk Anak-anak Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat kunjungan kerja (kunker). MP/Amsal Chaniago

MerahPutih.com - Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) berharap anak-anak sekolah dasar dapat menjaga lingkungan sekitar.

"Saya harap ini tidak hanya sampai di sini saja, semua yang cuci tangan bisa setiap hari mencuci tangan, tidak hanya hari ini. Harapan saya, juga tadi ada penanaman pohon dan tadi, ada lombok (cabai) juga semoga bermanfaat bagi kita dan juga lingkungan," ujar Ibu Negara Joko Widodo di SDN Tanjungsiang, Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat pada Kamis (7/2)

Pada kesempatan tersebut, mereka melakukan kunjungan kerja ke Jawa Barat dengan agenda antara lain sosialisasi cuci tangan, sosialisasi program aksi pemeriksaan IVA dan kegiatan IVA Test serta penanaman pohon.

Ibu Iriana juga sempat melakukan senam bersama para pelajar sekolah dasar tersebut.

"Ayo tadi 'nyanyi' apa? Siapa berani maju? Ayo sini yang berani maju mendapat hadiah," kata Iriana di SDN Pangsor yang bersebelahan dengan SDN Tanjungsiang.

Ibu Iriana beserta Ibu Mufidah dan anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) menyosialisasikan cuci tangan bersama dan penanaman pohon di sekolah dasar di Sumedang pada Kamis (7/2).

Seorang anak bernama Imam Solihin pun maju memperkenalkan diri.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam acara Sosialisasi Pencegahan Narkoba bagi pelajar SMA dan SMP se-Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (29/3). (Foto Biro Pers Setpres)
Ibu Negara Iriana Joko Widodo (Foto Biro Pers Setpres)

"Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Imam Solihin, panggilannya Imam dari SDN Pangsor kelas 6, rumahnya di Bunter," kata Imam.

"Sudah kelas 6 pasti belajar lebih banyak, sekolah jam berapa?" tanya Iriana.

"Jam 7 sampai 11.30," jawab Imam.

"Setelah itu?" tanya Iriana.

"Pulang," jawab Imam.

"Habis pulang?" tanya Iriana.

"Makan," jawab Imam.

"Sebelum makan?" tanya Iriana.

"Salat," jawab Imam lagi.

"Tadi diajari cuci tangan kan? Ayo coba Imam memeragakan cuci tangan sambil teman-temannya nyanyi yang keras. Ayo semngat pimpin nyanyi cuci tangan," kata Iriana di hadapan sekitar 100 anak SDN Pangsor yang duduk "lesehan di hadapannya.

Mufidah Kalla. (Instagram/@mufidahkalla)
Mufidah Kalla. (Instagram/@mufidahkalla)

Kemudian, mereka juga menyosialisasikan cuci tangan bersama dan penanaman pohon di sekolah dasar di Sumedang pada Kamis (7/2).

Mereka pun akhirnya menyanyikan lagu enam tahap cuci tangan. Ibu Mufidah Jusuf Kalla pun tidak mau kalah. Ia memberikan pertanyaan kepada anak-anak.

"Anak-anak nanti kita makan ikan ya, coba sebutkan nama-nama ikan," kata Ibu Mufidah.

"Ikan gurame, patin, lele, nila, bawal," jawab Akbar.

"Bagus, sekarang coba ada yang sebutkan nama-nama binatang besar," minta Ibu Mufidah.

"Gorila, lumba-lumba, gajah, badak, banteng," jawab Hilda.

Semua anak yang berhasil menjawab kuis Ibu Negara dan Ibu Mufidah Kalla pun mendapat bingkisan hadiah.

Ibu-ibu OASE juga menyosialisasikan pengurangan penggunaan sampah dengan mengajak anak-anak membawa botol minuman sendiri, mengurangi pemakaian tas kresek dan bila berbelanja lebih baik membawa tas sendiri.



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH