Imbas Wabah Corona, Sejumlah Rektor PTN Batalkan Kunjungan ke Kampus MIT Amerika Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Jamal Wiwoho. (MP/Ismai

MerahPutih.Com - Sejumlah rektor perguruan tinggi (PT) di Indonesia terpaksa membatalkan kunjungan ke kampus Massachusetts Institute of Technology (MIT) Amerika Serikat (AS) lantaran terkena imbas virus corona.

Pembatalan tersebut akibat wabah wabah virus corona atau COVID-19 yang menyerang Asia, Timur Tengah, dan Eropa.

Baca Juga:

Pemerintah Harus Lebih Masif Sosialisasikan Ancaman Virus Corona

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Jamal Wiwoho mengaku sebagai salah satu peserta yang mendapatkan undangan untuk menghadiri acara riset. Ia sangat menyayangkan tidak bisa menghadiri undangan yang cukup penting tersebut.

Imbas virus corona, sejumlah rektor batal studi banding ke MIT Amerika Serikat
Rektor UNS Surakarta Prof Jamal Wiwoho ungkap dampak corona membuat para rektor PTN gagal penuhi undangan Kampus MIT Amerika Serikat (MP/Ismail)

"Tidak hanya saya yang gagal berangkat, ada juga dari PTN BLU (Badan Layanan Umum). Ada enam peserta lainnya berasal dari PTN BH (badan hukum) juga gagal berangkat," kata dia.

Jamal membeberkan mendapatkan undangan dari Kampus MIT Amerika untuk belajar bagaimana me-manage perguruan tinggi. Namun, karena ada virus corona batal dilaksa.

"Dari kampus UNS Surakarta juga sudah mengeluarkan SE Nomor 1231/UN27/HK/2020 tentang ‘Kewaspadaan Dini Terkait Wabah Virus Corona (COVID-19). Melalui SE tersebut salah satunya intinya adalah agar seluruh Civitas Akademika UNS Surakarta menunda perjalanan ke luar negeri," paparnya.

Baca Juga:

Akibat Virus Corona, Harga Rempah-Rempah di Pasar Senen Naik

Jamal menambahkan, travel warning akibat virus Corona tersebut juga belum diketahui kapan akan berakhir sehingga kegiatan di AS tersebut juga belum diketahui kapan dijadwalkan ulang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Dampak Virus Corona, Angka Kredit Macet di Solo Tembus 10,26 Persen



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH