Imbas Pandemi Corona, Atlet NPC Asian Paragames Filipina Dipulangkan

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 18 Maret 2020
 Imbas Pandemi Corona, Atlet NPC Asian Paragames Filipina Dipulangkan
Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun memberikan keterangan pemulangan atlet APG 2020 Filipina akibat wabah corona, Rabu (18/3). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - National Paralympic Committe (NPC) Indonesia memulangkan para atlet yang sedianya akan berlaga di ASEAN Para Games (APG) Filipina Maret 2020. Pemulangan tersebut sesuai dengan perintah Kementrian Olah Raga (Kemenpora).

Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun, mengatakan penyebaran virus corona menjadi alasan utama Kemenpora memutuskan pemulangan atlet yang sedianya akan berlaga di ASEAN APG di Filipina. Ia juga tidak mau mengambil resiko ada atlet terkena virus corona.

Baca Juga:

Kebijakan Work From House dan Isu Corona Bikin Penumpang Kereta Api Anjlok Drastis

"Kemenpora memerintahkan kami untuk memulangkan para atlet yang sudah satu tahun belakangan ini berlatih di Solo," ujar Senny, Rabu (18/3).

Imbas pandemi corona atlet paragames Indonesia dipulangkan
Ketua Umum NPC Indonesia, Senny Marbun (tengah) (MP/Ismail)

Senny mengatakan keputusan tersebut diambil salah satunya mempertimbangkan mundurnya jadwal APG 2020 di Filipina yang seharusnya Maret baru akan dilaksanakan 3-9 Oktober mendatang. Dan rencananya pemulangan akan dilaksanakan akhir Maret ini. Adapun jumlah atlet APG yang selama ini mengikuti pelatnas di Solo sebanyak 269 orang untuk 16 cabang olahraga.

"Sebanyak 10 peserta APG 2020 di Filipina setuju APG diundur awal Oktober. Ya nanti kalau Juli virus corona sudah mereda, maka awal Agustus akan dipanggil lagi untuk pelatnas singkat," kata dia.

Selama di kampung, kata dia, semua atlet harus tetap latihan dengan jadwal latihan yang sudah ditetapkan NPC Indonesia. Pelatih masing cabor ditugaskan untuk memantaunya.

"Pelatih melapor ke NPC setiap harinya memamtau latihan.dan saya laporkan ke Kemenpora," kata dia.

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Indonesia, Rima Ferdianto menambahkan penurunan performa atlet saat mereka pulang ke kampung halaman memang sangat mungkin terjadi. Namun demikian, pihaknya tetap optimistis prestasi atlet tidak akan terpengaruh.

Baca Juga:

Jumlah Kematian Pasien Corona Melonjak Karena Rumah Sakit Baru Melapor

"Semua atlet peserta APG 2020 Filipina merasakan kondisi serupa. Saya rasa peluang juara umum terbuka bagi semua negara," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Timur.

Baca Juga:

Kepala Gugus Tugas Minta Perdebatan Penyelesaian Corona Dihentikan

#Asian Para Games #National Paralympic Committee #Virus Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan