Imbas COVID-19, UNS Surakarta Wisuda Ratusan Mahasiswa Secara Daring

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 02 Mei 2020
Imbas COVID-19, UNS Surakarta Wisuda Ratusan Mahasiswa Secara Daring
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan wisuda daring di tengah pandemi COVID-19, Sabtu (2/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mewisuda sebanyak 258 mahasiswa secara daring di Gedung Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Jawa Tengah, Sabtu (2/5). Wisuda secara daring tersebut baru kali pertama dilakukan UNS akibat pandemi COVID-19.

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan, sebanyak 258 wisudawan ini merupakan mahasiswa dari lulusan program doktor, magister, pendidikan dokter spesialis, sarjana, dan diploma. Wisuda secara daring ini bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Baca Juga:

Hardiknas Belajar dari COVID-19 dan Strategi Kemendikbud Tegakkan KBM

"Sesuai kalender akademik wisuda periode II dilaksanakan tanggal 25 April 2020. Karena pertimbangan situasi dan kondisi di tengah pandemi wabah COVID-19, baru dapat terlaksana hari ini (Sabtu)," ujar Jamal.

Jamal menjelaskan, mempertimbangkan penghormatan tehadap para pejuang pendidikan nasional, wisuda dipilih tanggal 2 Mei 2020. Prosesi wisuda periode II dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Webex Meet dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah.

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jamal Wiwoho. (MP/Ismail)
Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Jamal Wiwoho. (MP/Ismail)

"Saya mangajak wisudawan melepas toga beserta atributnya kemudian hadir langsung di tengah masyarakat untuk mitigasi melawan COVID-19," kata dia.

Wakil Rektor Bidang Akademik UNS Ahmad Yunus menyebut, dari 258 mahasiswa yang diwisuda tersebut perinciannya lulusan pascasarjana 58 orang terdiri dari program doktor 9 orang dan program magister 49 orang.

Baca Juga:

Yakin Perekonomian Indonesia Baik, KSPI Minta Pengusaha Tak Lakukan PHK

Kemudian, lulusan program pendidikan dokter spesialis ada 9 orang, program sarjana ada 187 orang dan program diploma III ada sebanyak 4 orang berasal dari fakultas ekonomi dan bisnis, teknik dan MIPA.

"Ada 76 mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude atau dengan pujian. Total sudah ada sebanyak 187.029 alumni UNS yang tercatat pihak kampus sampai saat ini," tutup dia. (Ism)

Baca Juga:

DPR Sebut Penggunaan Kartu Prakerja Layak Diawasi Penegak Hukum

#Kota Solo #Wisuda #COVID-19 #Virus Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan