Imam Besar Masjid Istiqlal Ajak Umat Islam Bertakbir Kemenangan Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar M.A (Foto: kemenag.go.id)

MerahPutih.Com - Umat Islam Ibu Kota Jakarta menggelar malam takbiran di Masjid Istiqlal untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.

Demi menyambut datangnya hari kemenangan setelah berpuasa, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengajak umat Islam mengagungkan malam Idul Fitri dengan takbiran di masjid, termasuk di Masjid Istiqlal.

"Takbiran kita mau ke sana, ayo ke sana," kata Nasaruddin saat menuju Istiqlal usai mengikuti Sidang Isbat Awal Syawal 1439 Hijriyah di Jakarta, Kamis (14/6).

Dia mengatakan kegiatan takbiran di Masjid Istiqlal dilakukan dengan memukul bedug secara simbolis dan sambutan. Selanjutnya takbiran dilakukan sampai pukul 23.00 WIB.

Nasarudin sebagaimana dilansir Antara mengatakan pengamanan di masjid terbesar ketiga di dunia itu dilakukan seperti biasa. "Seperti biasa aman. Istiqlal selama ini paling aman," kata dia.

Pengamanan Malam Takbiran
Polda Metro Jaya bersama instansi terkait mengerahkan kurang lebih 5.000 personel untuk pengamanan malam takbiran serta Salat Idulfitri 1439 H di wilayah DKI Jakarta.(ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Menurut Nasaruddin, secara umum gairah keberagamaan umat Islam selama Ramadan tahun 2018 ini meningkat.

Hal itu, kata dia, nampak dari jumlah jamaah yang melangsungkan kunjungan ke Masjid Istiqlal.

"Kalau dulu separuh Ramadan, tinggal separuh juga isinya. Ini masya Allah, terakhir makin penuh," kata Nasarudin Umar.

Sementara itu, secara terpisah Presiden Jokowi bersama keluarga akan melaksanakan salat Id 1 Syawal 1439 Hijriah di Kebun Raya Bogor pada Jumat (15/6).

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden RI Bey Machmudin dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan Shalat Idul Fitri akan dilaksanakan di Lapangan Astrid, Kebun Raya Bogor.

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla usai Salat Idul Fitri 1438 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Prof Dr Didin Saefuddin Buchori, MA akan bertindak sebagai imam dan khatib. Sementara bertindak sebagai muazin adalah Kiki Herdiansyah.

Setelah Shalat Idul Fitri, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan melakukan silaturahim dan gelar griya atau "open house" dengan masyarakat. Acara ini akan bertempat di Istana Kepresidenan Bogor.

Bagi masyarakat yang ingin bersilaturahim, Presiden meluangkan waktu dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Setelah itu Presiden akan melaksanakan ibadah Salat Jumat.

Untuk memudahkan pengaturan saat bersilaturahim, masyarakat dimohon masuk melalui pintu 2 Kebun Raya Bogor, di depan Bank BCA Juanda Bogor.

Masyarakat juga disarankan untuk menggunakan kendaraan umum karena terbatasnya area parkir di sekitar Istana.

Sebelum bersilaturahim dengan masyarakat, Presiden terlebih dahulu akan berhalal bihalal dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, para Ketua Lembaga Negara, para Menteri Kabinet Kerja, para duta besar negara sahabat, pejabat negara lainnya pada pukul 08.30 WIB hingga 09.30 WIB.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Ini Pesan Imam Besar Masjid Istiglal Jelang Idul Fitri



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH