Imam Besar Istiqlal Minta Ulama Tak Perkeruh Suasana Pascapemilu Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar M.A (Foto: kemenag.go.id)

Merahputih.com - Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar berharap para ulama sebaiknya tidak memperkeruh keadaan pasca pemilu karena hanya akan memecah belah umat.

"Kalaupun ada persoalan, mereka akan langsung menegur dengan menggunakan cara-cara yang baik," kata Nasaruddin Umar dalam keteranganya kepada wartawan, Senin (6/5).

Mantan Wakil Menteri Agama tersebut mengatakan, ulama seharusnya mampu menempuh cara terbaik dalam setiap dinamika negara. Jika ada persoalan, mereka akan langsung menegur dengan menggunakan cara-cara yang baik.

Ulama di masa lalu bahkan kerap berkirim surat dengan penguasa untuk mengingatkan pemimpin tanpa mempermalukannya di depan rakyat.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar

"Ibnu Athoillah pernah berkata. Jika orang gampang menyalahkan orang lain, itu tanda dia masih harus belajar. Kalau dia menyalahkan diri sendiri, artinya dia sedang belajar. Nah, jika dia tidak menyalahkan diri sendiri dan orang lain, maka dia telah selesai belajarnya,” kata Nasaruddin.

Kerendahan hati, kata Nasaruddin, adalah perhiasan seorang ulama. Bahkan ulama dengan kemampuan menafsir Al Quran paling bagus pun tetap harus berpikir bahwa dia bisa saja salah. Ulama pun tak diperkenankan mengunggulkan dirinya sendiri.

"Mereka menyelesaikan persoalan tanpa menepuk dada," tutup Nasaruddin. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH