Sains

Ilmuwan Temukan Cara Mengubah Air Jadi Logam

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 05 Agustus 2021
Ilmuwan Temukan Cara Mengubah Air Jadi Logam
Peneliti temukan cara mengubah air menjadi logam. (Foto: Philip E. Mason)

ILMU pengetahuan memang tiada habisnya. Semakin digali, semakin banyak pula hal baru yang akan didapatkan. Satu penemuan terbaru yang cukup mengejutkan datang dari para ilmuwan di Czech Academy of Sciences, Praha. Mereka berhasil mentransformasi air menjadi logam.

Meskipun perubahan ini hanya berlangsung sesaat, namun hal tersebut sudah merupakan langkah yang luar biasa. Pavel Jungwith, rekan penulis dan ahli kimia fisik di akademi tersebut bersama rekannya, Phil Mason menulis hasil temuan yang terjadi saat melarutkan logam alkali menjadi amonia.

Dari eksperimen itu, mereka menemukan bahwa proses ini mengakibatkan cairan tersebut berubah warna jadi perunggu. Demikian seperti dikutip dari laman Hypebeast.

Baca juga:

Ilmuwan Ciptakan Enzim Super yang Memecah Plastik Enam Kali Lebih Cepat

Ilmuwan Temukan Cara Mengubah Air Jadi Logam
Meski hanya sesaat, air berubah warna jadi perunggu. (Foto: Philip E. Mason)

Kemudian mereka memutuskan untuk melakukan hal berisiko dengan mengganti amonia jadi air. Hal ini sebenarnya cukup berbahaya karena logam alkali biasanya meledak saat bersentuhan dengan air. Untuk mengatasi ledakan itu, peneliti harus menemukan cara untuk mendifusikan elektron lebih cepat daripada reaksi penyatuan air dan logam.

Cara yang mereka lakukan ialah menempatkan jarum suntik yang diisi dengan campuran cairan natrium dan kalium pada suhu ruangan di ruang vakum. Kemudian tetesan logam secara perlahan dimasukkan ke dalam sejumlah kecil uap air.

Hal tersebut memungkinkan air untuk mengembungkan ke tetesan logam yang akhirnya membentuk lapisan tebal seukuran sepersepuluh mikrometer. Hasilnya ditemukan bahwa elektron dapat membaur ke dalam air melalui tetesan tersebut dan menyebabkan cairan berubah menjadi perunggu dalam waktu yang singkat.

Baca juga:

Ilmuwan Menemukan Terumbu Karang Lebih Tinggi dari Empire State Building

Melihat hal ini, Jungwith dan Mason menyatakan bahwa eksperimen tersebut telah memberikan bukti visual yang cukup untuk menunjukkan bahwa ternyata air dapat berubah menjadi logam, meskipun hanya sesaat.

Ilmuwan Temukan Cara Mengubah Air Jadi Logam
Air yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan air murni yang telah disuling. (Foto: Pixabay/@Pexels)

Namun, perlu diketahui bahwa air yang digunakan dalam penelitian ini bukan air sembarangan. Biasanya air yang digunakan dalam sehari-hari dapat emnghantarkan listrik karena mengandum garam. Oleh sebab itu, para ilmuwan menggunakan air murni atau air suling untuk mendukung penelitian ini.

Lantas, apa signifikansi dari hal ini? Temuan ini tentunya jadi prestasi besar bagi komunitas sains. Bukan hanya untuk ahli kimia saja, melainkan juga untuk ilmu pengetahuan alam secara keseluruhan.

Sebab hasil ini dapat menyangkal hipotesis yang menyebutkan bahwa air hanya bisa berubah menjadi keadaan logam di bawah tekanan ekstrem saja.

Pandangan tersebut biasanya dipakai untuk menjelaskan air yang ada di pusat planet Neptunus atau Uranus. Jadi otomatis hasil eksperimen ini telah memberi sumbangan besar untuk penelitian-penelitian selanjutnya. (sam)

Baca juga:

Ilmuwan Mengungkap Misteri 'Komputer' Tertua di Dunia

#Sains
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan