Teknologi
Ilmuwan Melatih Tikus untuk Menyelamatkan Korban Gempa Bumi Tikus dengan ransel kecil berteknologi tinggi sedang dilatih membantu mencari korban selamat di zona bencana. (Foto: Twitter/@herorats)

BEBERAPA gempa bumi dapat meruntuhkan bangunan. Orang-orang terperangkap di dalamnya. Mereka harus diselamatkan dari reruntuhan. Namun, sering kali tim penyelamat kesulitan mengidentifikasi letak dan bagaimana keadaan korban di reruntuhan.

Kalau letak dan keadaan korban sudah diketahui, kendala lain muncul: menjangkau korban. Robot pun diciptakan untuk membantu menyelamatkan. Ide ini sudah jamak dan berkembang terus. Bagaimana kalau ide lain untuk menyelamatkan korban gempa bumi dimunculkan lagi? Kali ini penyelamatnya seekor tikus.

Proyek ini digagas oleh organisasi nirlaba Belgia APOPO yang mengupayakan hewan pengerat ini membawa ransel kecil berteknologi tinggi untuk membantu mencari korban selamat di antara puing-puing di zona bencana.

Mengapa harus tikus?

"Tikus biasanya cukup ingin tahu dan suka menjelajah dan itu merupakan kunci untuk pencarian dan penyelamatan,” kata Donna Kean, ilmuwan penelitian perilaku sekaligus pemimpin proyek tersebut, seperti diberitakan CNN (24/10).

"Selain jiwa petualangnya, ukurannya yang kecil dan indra penciumannya yang luar biasa membuat tikus sempurna untuk menemukan sesuatu di tempat yang sempit," lanjut Kean.

Saat ini, Kean dan timnya sedang melatih tikus untuk menemukan korban selamat di zona bencana simulasi. Pertama-tama, mereka harus menemukan orang yang menjadi target di ruangan kosong, menarik sakelar di rompi mereka yang memicu bunyi 'bip', dan kemudian kembali ke pangkalan tempat mereka diberi hadiah.

Baca juga:

Xiaomi Uji Coba Fitur Peringatan Gempa di Indonesia

tikus selamatkan korban gempa bumi
Sebelumnya APOPO pernah melatih anjing dan tikus di markasnya di Tanzania untuk mendeteksi bau ranjau darat dan tuberkulosis. (Foto: Twitter/@herorats)

Bersamaan dengan pelatihan tersebut, APOPO bekerja sama dengan Universitas Teknologi Eindhoven mengembangkan ransel yang dilengkapi dengan kamera video, mikrofon dua arah, dan pemancar lokasi untuk membantu responden pertama berkomunikasi dengan korban.

“Bersama dengan ransel dan pelatihan, tikus sangat berguna untuk pencarian dan penyelamatan,” kata Kean.

APOPO telah melatih anjing dan tikus di markasnya di Tanzania dalam mendeteksi bau ranjau darat dan tuberkulosis selama lebih dari satu dekade. Programnya menggunakan Tikus Kantung Raksasa Afrika yang memiliki umur lebih panjang di penangkaran sekira delapan tahun. Tikus cokelat biasa rata-rata memiliki usia empat tahun.

Sebelumnya, LSM Apopo yang berbasis di Tanzania telah melatih tikus berkantung raksasa Afrika untuk mengendus ranjau darat dan mendeteksi tuberkulosis. Dua momok yang memiliki dampak sangat negatif pada lanskap Afrika.

Ketika Kean bergabung dengan tim pada April 2021, proyek pencarian dan penyelamatan baru secara resmi diluncurkan. APOPO telah berusaha untuk mendapatkan ide itu selama bertahun-tahun, tetapi tidak memiliki dana, mitra pencarian, dan penyelamatan untuk mendukungnya.

Baca juga:

Tetap Tenang, Kunci Selamat saat Gempa Bumi

tikus selamatkan korban gempa bumi
Program itu menggunakan Tikus Kantung Raksasa Afrika yang memiliki umur lebih panjang daripada tikus cokelat biasa. (Foto: Twitter/@herorats)

Ketika organisasi pencarian dan penyelamatan sukarela GEA mendekati APOPO pada 2017, mereka mulai bicara tentang kemungkinan menggunakan tikus dalam misinya. Tim pun mulai mengeksplorasi ide tersebut.

Komponen kunci untuk misi pencarian dan penyelamatan adalah teknologi yang memungkinkan responden pertama untuk berkomunikasi dengan korban melalui tikus. APOPO tidak memiliki ini sampai insinyur listrik bernama Sander Verdiesen terlibat.

Verdiesen mempelajari bagaimana menerapkan teknologi untuk meningkatkan kehidupan selama studi masternya di Universitas Teknologi Eindhoven.

Verdiesen sempat magang di APOPO pada 2019 dan ditugaskan membuat prototipe pertama ransel tikus untuk membantu penyelamat mendapatkan ide yang lebih baik tentang apa yang sedang terjadi dalam zona bencana.

Prototipe terdiri dari wadah plastik cetak 3D dengan kamera video yang mengirim rekaman langsung ke modul penerima di laptop. Kamera juga mampu menyimpan versi berkualitas tinggi di kartu SD. Peralatan itu menempel pada tikus dengan rompi neoprene, bahan yang sama yang digunakan untuk pakaian selam.

Verdiesen terbang ke Tanzania untuk menguji peralatan dan mengatakan bahwa pada awalnya, tikus “tidak benar-benar tahu bagaimana menghadapinya”, tetapi mereka beradaptasi dengan cepat.

“Pada akhirnya, mereka hanya berlarian dengan ransel, tidak ada masalah sama sekali,” ungkap Verdiesen. (aru)

Baca juga:

5 Fakta Mengejutkan Tentang Gempa Bumi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Disney Siapkan Banyak Wahana dan Atraksi pada 2023
Travel
Disney Siapkan Banyak Wahana dan Atraksi pada 2023

Bakal ada banyak yang baru dari Disney pada 2023.

Kondisi Kehamilan yang Membuat Puasa Tidak Disarankan
Fun
Kondisi Kehamilan yang Membuat Puasa Tidak Disarankan

Ada beberapa kondisi yang membuat puasa tidak disarankan bagi ibu hamil.

'The Last of Us Part 2' Terjual Lebih dari 10 Juta Kopi
Fun
'The Last of Us Part 2' Terjual Lebih dari 10 Juta Kopi

'The Last of Us Part 2' laris manis.

Semakin Hemat Naik Kereta Api
Fun
Semakin Hemat Naik Kereta Api

PT KAI berikan penawaran menarik.

Lewat ‘You’, 6 am Club Kisahkan Usaha Perbaiki Hubungan Masa Lalu
ShowBiz
Lewat ‘You’, 6 am Club Kisahkan Usaha Perbaiki Hubungan Masa Lalu

Kembali berkolaborasi dengan penyanyi SYC Leonard.

Lee Jae-wook dan Go Yoon-jung Akhirnya Bertemu dalam 'Alchemy of Souls' Musim 2
Fun
Lee Jae-wook dan Go Yoon-jung Akhirnya Bertemu dalam 'Alchemy of Souls' Musim 2

Teaser 'Alchemy of Souls' musim kedua telah rilis.

Melihat Lebih Dekat Royal Enfield Scaram 411
Fun
Melihat Lebih Dekat Royal Enfield Scaram 411

Royal Enfield meluncurkan Scram 411 secara global

GM dan Honda Kembangkan Kendaraan Listrik Terjangkau
Fun
GM dan Honda Kembangkan Kendaraan Listrik Terjangkau

General Motors dan Honda Motor akan memperluas kerjasama.

Sambut Halloween, Marvel Rilis Film Horor Klasik 'Werewolf by Night'
ShowBiz
Sambut Halloween, Marvel Rilis Film Horor Klasik 'Werewolf by Night'

Film Werewolf by Night dari Marvel hadir dalam format hitam putih.

Komponen Mobil yang Wajib Dicek sebelum Mudik
Hiburan & Gaya Hidup
Komponen Mobil yang Wajib Dicek sebelum Mudik

Kenali komponen mobil yang harus diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik.