Ilmuwan: Kepribadian Seseorang Bisa Diketahui dari Cara Menggunakan Ponsel Baca kepribadian seseorang lewat aktivitas ponsel mereka (Sumber: Locale)

SMARTPHONE kini menjadi bagian tak terpisahkan dari masyarakat. Selain untuk berkomunikasi dengan kerabat, smartphone juga bisa digunakan untuk menunjukkan eksistensi kita kepada orang lain melalui unggahan di sosial media. Namun ternyata, manfaat smartphone jauh lebih beragam dari itu. Kita juga bisa mengetahui kepribadian seseorang dari bagaimana ia menggunakan ponsel.

Ilmuwan Komputer dari Royal Melbourne Institute of Technology menggunakan data dari sensor kecil, accelerometers untuk memprediksi kepribadian seseorang. Accelerometers sendiri merupakan sensor kecil pelacak pergerakan ponsel yang ditanam di dalam smartphone. Fungsinya untuk mengetahui penghitungan langkah atau aplikasi lainnya di ponsel.

Baca juga:

Ternyata Kamu Bisa Mengetahui Kepribadian Seseorang dari Bentuk Alisnya

Seorang ilmuwan yang memimpin jalannya proyek, Flora Salim mengatakan sebelumnya tipe kepribadian seseorang bisa diperkirakan dari aktivitas panggilan telepon dan olah pesan. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa data accelerometers pada ponsel juga cukup akurat dalam mendeteksi kepribadian seseorang.

"Aktivitas seperti seberapa cepat atau seberapa jauh kia berjalan, kebiasaan mengangkat telepon di malam hari, dan pola-pola lainnya mengatakan banyak hal tentang kepribadian kita," ucapnya.

Rupanya, aktivitas fisik terbukti memiliki korelasi kuat dengan kepribadian manusia. Hal tersebut diketahui setelah para peneliti menganalisis fitur ponsel yang mengatur aktivitas fisik. Berikut hasil analisis tentang kepribadian melalui aktivitas ponsel.

1. Perempuan Ramah

Perempuan ramah
Karakter si ramah dari ponsel (Sumber: Writer Access)

Perempuan yang ramah dan penuh kasih sayang cenderung membuat panggilan keluar lebih banyak daripada orang lainnya. Sikap mereka yang perhatian membuat mereka tak sungkan untuk berinisiatif menelepon seseorang terlebih dahulu.

2. Orang Yang Terorganisir

Orang yang terorganisir
Orang yang terorganisir (Sumber: Pixabay/Nastya_Gepp)

Orang yang teliti dan terorganisir cenderung jarang menghubungi orang yang sama dalam jarak waktu dekat. Sejak awal menelepon mereka tahu topik apa yang ingin dibicarakan lewat telepon dan informasi apa saja yang perlu disampaikan lewat telepon. Mereka melakukan itu untuk efisiensi.

Baca juga:

Jauhkan Ponsel, Ini 3 Alasan Mengapa Buka Smartphone Sebelum Tidur Berbahaya

3. Perempuan Sensitif

Perempuan sensitif
Aktivitas ponsel perempuan sensitif (Sumber: BM Magazine)

Perempuan yang sensitif atau neurotik sering memeriksa ponsel atau menggerakkan ponsel mereka di malam hari.

4. Laki-Laki Sensitif

Cowo Sensitif
Aktivitas ponsel laki-laki sensitif (Sumber: Video Blocks)

Jika perempuan yang sensitif sering memeriksa ponsel di malam hari, pria yang sensitif justru melakukan hal sebaliknya. Mereka jarang memeriksa ponsel mereka di malam hari.

5. Orang Berkepribadian Inventif

Inventif
Orang Inventif (Sumber: Pixabay/rawpixels)

Orang-orang yang memiliki ide brilian serta memiliki rasa ingin tahu besar cenderung membuat dan menerima panggilan telepon lebih sedikit dibandingkan orang lain. (avia)

Baca juga:

Teknologi Buat Etika Seseorang Rusak

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH