Ilham Ungkap Ayahnya Setiap Jumat Berdoa di Pusara Ainun Habibie Ilham Akbar Habibie saat pemakaman mendiang ayahnya BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Putra sulung BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie dalam sambutannya saat prosesi pemakaman sang ayah di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) mengungkapkan sisi lain mendiang ayahnya yang jarang diketahui khalayak.

Menurut Ilham, prosesi pemakaman BJ Habibie mengingatkan kembali dirinya beserta keluarga dengan pemakaman Ainun Habibie, ibundanya sembilan tahun silam.

Baca Juga:

Yenny Wahid: Gus Dur dan BJ Habibie Sama-Sama Korban Demokrasi

"Saya ingat 9 tahun yang lampau di sini juga kita melihat upacara pemakaman Ainun istri bapak, mama tercinta dengan upacara serupa yang tidak kalah dari segi kekhidmatan acara kenegaraan dan ini adalah sesuatu yang kita bisa berikan bapak ibu sebaik mungkin," kata Ilham Akbar Habibie.

Putra sulung BJ Habibie Ilham Akbar Habibie
Ilham Akbar Habibie saat memberikan keterangan kepada awak media di TMP Kalibata (MP/Asropih)

Selain itu, lanjut Ilham, selama ini BJ Habibie senantiasa menziarahi pusara istri tercinta, Hasri Ainun.

Menurut Ilham, sang ayah sangat cintai dengan almarhumah Ainun Habibie. Betapa tidak sebelum dirawat di RSPAD Gatot Subroto sang ayah setiap hari Jumat ke makam sang istri untuk memanjatkan doa.

"Bayangkan bapak itu tiap hari tahlilan setiap hari Jumat ke makam untuk berdoa begitu setia bapak dengan ibu sampai sekarang pun dikuburkan di sebelahnya, Insya Allah mereka untuk selamanya bersama berdua di sisi Allah SWT di surga di akhirat di alam baka," jelas Ilham.

Baca Juga:

Habibie ke Ibunda Sandi: Hidup Itu Seperti Naik Sepeda

Disamping itu, Ilham menuturkan bahwa ayahnya memiliki sikap yang terbuka dengan merangkul semua pihak.

Prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata
Prosesi pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan (MP/Rizki Fitrianto)

"Bapak mencoba me-manage yang kurang baik yang ada pada kita. Ini bukan hanya sebatas Indonesia tapi dunia," tutup dia.

Seperti diketahui, prosesi pemakaman BJ Habibie dilakukan secara militer dengan dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Jenazah BJ Habibie dikebumikan oleh kedua putranya, Ilham dan Thareq Habibie. BJ Habibie dimakamkan di samping makam sang istri, Ainun Habibie.(Asp)

Baca Juga:

Pesan Tersirat BJ Habibie untuk Ganjar Pranowo

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH