Ikuti Saran Menhub, Bandara Adi Soemarmo Solo Kembali Beroperasi General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah kembali membuka pelayanan penerbangan untuk masyarakat umum, Jumat (8/5).

Hal tersebut menindaklanjuti aturan turunan dari Permenhub No. 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 untuk mengatur ketentuan larangan mudik setiap moda transportasi.

Baca Juga:

Menhub Perbolehkan Transportasi Umum Beroperasi, Organda Solo Pilih Tak Angkut Penumpang

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, mengatakan Bandara Adi Soemarmo mulai menghentikan operasional pada tanggal 25 April-31 Mei 2020. Penghentian operasional tersebut dilakukan setelah pemerintah melarang mudik yang berlaku tanggal 24 Maret lalu.

Kesibukan di Bandara Adi Soemarmo Solo sebelum pandemi Covid-19
Maskapai Garuda Indonesia berhenti di Bandara Adi Soemarmo Solo untuk mengisi avtur sebelum terbang. (MP/Ismail)

"Setelah adanya pernyataan Menhub tentang beroperasinya angkutan umum, Bandara Adi Soemarmo kembali menyiapkan operasional bandara guna mengakomodir penerbangan niaga berjadwal," kata Usman, Kamis (7/5).

Usman memaparkan pihaknya menyambut baik langkah Menhub yang membolehkan angkutan umum beroperasi. Ia akan menyiapkan Posko pengamanan dan pemeriksaan yang berada di lobby keberangkatan penumpang di bandara sesuai aturan Menhub.

"Kami juga akan segera berkoordinasi dengan pelaksana harian Gugus COVID-19 pemerintah setepat untuk Posko bersama pengecekan penumpang," kata dia.

Dikatakannya, pesawat Citilink QG 760/761 tujuan Cengkareng-Solo-Cengkareng menjadi maskapai yang terbang perdana di Bandara Adi Soemarmo setelah bandara dua pekan ditutup. Pesawat dijadwalkan landing di Solo dari Cengkareng pukul 13.10 WIB dan berangkat kembali ke Cengkareng pukul 13.50 WIB.

Baca Juga:

BPIP Duga Terjadi Pelanggaran HAM Terhadap ABK WNI di Kapal Tiongkok

"Kami akan berkoordinasi dengan KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Jawa Tengah terkait pengoperasian kembali penerbangan yang akan dilakukan oleh beberapa maskapai," tutur dia.

Ia menambahkan seauai aturan jam operasional Bandara Adi Soemarmo berlaku dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Masyarakat yang ingin ke bandara diharapkan menyesuaikan jam tersebut.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Alihkan Bansos ke Pemerintah Pusat, PSI: Anies Jangan Lari Dari Tanggung Jawab



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH