Ikuti Nasihat Amien Rais, Kader PAN di Daerah Ogah Gabung Jokowi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo

MerahPutih.com - Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo mengungkapkan bahwa partainya akan menjadi oposisi di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Menurut Drajad, sikap itu diambil lantaran sebagian besar pengurus DPP PAN dan juga pengurus wilayah dan daerah menginginkan partai besutan Zulkifli Hasan itu berada di luar pemerintahan.

Baca Juga:

Amien Rais: Jika Kelak Gerindra Dapat Kursi Menteri, Pemilu Kemarin Tiada Berguna

"Mereka juga sangat mengikuti nasihat pak Amien Rais," ujar Drajad kepada wartawan, Selasa, (15/10).

Drajad mengatakan, para politisi di daerah juga lebih bisa menjadi sasaran kekecewaan pemilih jika PAN loncat pagar ke koalisi Jokowi. "Jadi saya rasa dalam pertemuan tadi bang Zul mengemukakan sikap PAN yang di luar pemerintahan. Kalau bahasa bang Zul, mendukung tapi dari luar," kata Drajad.

Amien Rais. (Foto: antaranews)

Menurut Drajad demokrasi di seluruh belahan dunia memerlukan parpol yang mampu melakukan checks and balances. "Parpol yang bisa memberikan alternatif kebijakan yang lebih baik. Jadi beroposisi itu bukan berarti harus musuhan apalagi cakar-cakaran," ujar Drajad.

Drajad menambahkan, jika melihat pernyataan Presiden, sekarang masyarakat bisa melihat sendiri bahwa Istana memang menginginkan PAN bergabung dalam pemerintahan. "Bahkan salah satu tokoh pemerintahan pernah menyebutkan tawaran kursi kabinet untuk satu nama pengurus di PAN. Memang faktanya seperti itu," pungkas Drajad.

Baca Juga:

Pertemuan Prabowo-Surya Paloh Tunjukkan Politik Indonesia Pragmatis dan Oligarkis

Diketahui, Presiden Jokowi bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifki Hasan alias Zulhas di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10). Dalam pertemuan tersebut Zulhas dan Jokowi membahas sejumlah hal salah satunya ialah soal amandemen terbatas UUD 1945. (Pon)

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH