Ikut Aturan di Museum, Jangan Bandel! Kalau ke museum harus mematuhi aturan yang ada. (Foto: National History Museum)

DATANG ke museum tidak sama mendatangi mall. Ada aturan yang harus dipatuhi oleh pengunjungnya. Meskipun kamu memang tengah berwisata tapi aturan yang ada di museum harus tetap diikuti.

Apalagi bila museum itu memiliki koleksi benda kuno dan langka, salah sedikit saja berakibat fatal.


1. Dilarang membawa makanan dan minum dari luar

makanan
Tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke dalam museum. (Foto: Pexels/Adrianna Calvo)


Peraturan ini pastinya tak asing lagi jika kita berkunjung pada tempat yang memang menjaga kebersihannya . Biasanya para tamu tidak di ijinkan membawa makanan dan minuman dari luar, baik berukuran kecil atau besar. Selain untuk menjaga kebersihan juga untuk perawatan benda-benda yang menjadi koleksi museum.

2. Dilarang menggunakan flash

flash
Jangan gunakan flash dalam memotret. (Foto: Pixabay/publicdomainpictures)


Dibeberapa museum seni tidak dijijnkan untuk menggunakan flash kamera. Mengapa? Penggunaan flash bisa melunturkan warna dari seni yang dipajang. Oleh karena itu bagi kalian yang ingin berfoto sebaiknya mengecek kembali mode flash pada ponsel jika kalian tidak ingin kena tegur..


3. Dilarang menyentuh koleksi museum

sentuh
Koleksi di museum hanya untuk dilihat. (Foto: Pexels/Una Laurencic)


Sudah menjadi kebijakan dihampir semua museum bahwa koleksi yang dipamerkan dilarang untuk disentuh. Ini karena untuk menjaga keutuhan benda yang dipamerkan. Apalagi pada museum seni, karya-karya aseni yang sudah tua sangat rapuh dan membutuhkan perawatan yang rumit.


4. Dilarang membawa barang-barang besar

tas
Jangan bawa tas besar. (Foto: Pixabay/free-photos)

Memang betul kamu tengah berwisata, tapi kalau megunjungi museum tidak perlu bawa carrier seperti mau ke gunung. Atau karena ingin eksis di medsos membawa baju yang berbeda untuk berfoto di setiap museum. Jangankan tas besar, peralatan fotografi besar seperti tripod dilarang dibawa masuk. Stroller bayipun tidak diperbolehkan memasuki area dalam museum. Alasannya agar tidak menyenggol benda-benda yang ada di sana.


5. Jalan searah

jalan
Jangan melawan arus di museum. (Foto: Pixabay/one way street road)


Museum dimanapun di dunia memberlakukan jalan searah. Kamu tidak bisa kembali ke galeri yang sudah dilewati. Ini maksudnya agar pengunjung menikmati di satu tempat yang benar-benar menarik hati. Lagipula kalau melawan arah dapat membuat suasana menjadi penuh sesak. (iel)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH