Ikon Perempuan di Lampu Lalu Lintas Kota Mumbai Promosikan Kesetaraan Gender Mumbai, India mengganti beberapa lampu lalu lintasnya dari ikon lelaki menjadi perempuan. (Twitter/@AUThackeray)

SEBUAH langkah maju untuk memperbaiki isu kesenjangan gender di India. Mumbai menjadi kota pertama di negara tersebut yang menggunakan ikon perempuan di lampu lalu lintas untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Baca juga:

BalanceforBetter, Ketika Kesetaraan Membuat Dunia Lebih Baik

Melansir laman The Guardian, pihak berwenang menukar figur pria pada lampu hijau dan merah dengan figur perempuan di lebih dari 100 penyeberangan pejalan kaki.

Ikon Perempuan di Lampu Lalu Lintas Mumbai Promosikan Kesetaraan Gender
Menggunakan ikon perempuan pada lampu lalu lintas menjadi salah satu simbol women empowerment. (Unsplash/@womanizer)

Kiran Dighavkar, asisten komisaris perusahaan kota Mumbai mengatakan kepada The Guardian, "rambu-rambu ini mencerminkan karakter kota, bahwa kota ini percaya pada kesetaraan gender dan mempromosikan pemberdayaan perempuan, ini hanyalah permulaan."

Sada Sarvankar, ketua partai politik lokal Shiv Sena, menulis dalam akun Twitternya bahwa ini adalah langkah signifikan menuju #WomenEmpowerment.

Dengan kepercayaan bahwa lelaki lebih dominan dan angka kekerasan seksual yang tinggi, sangat sedikit perempuan yang berjalan-jalan di jalanan India.

"Jika generasi gadis kecil tumbuh melihat sosok perempuan pada sinyal lalu lintas, ini seakan-akan mengirimkan sinyal kecil tapi kuat bahwa perempuan juga termasuk dalam masyarakat," ucap ilmuwan sosial Shilpa Phadke.

Ikon Perempuan di Lampu Lalu Lintas Mumbai Promosikan Kesetaraan Gender
Perempuan India takut keluar rumah karena tingginya angka kasus pemerkosaan dan pembunuhan. (Unsplash/@bellemaluf)

Mungkin ini terkesan seperti hal kecil, tetapi ini sangat berarti bagi para perempuan di India. CNN melaporkan, saat ini India ditempatkan dalam rangking ke-112 dari 153 negara di dunia menurut indeks kesetaraan gender World Economic Forum.

Menurut sebuah studi pada 2018, sekitar 239.000 anak perempuan di bawah usia lima tahun meninggal setiap tahunnya karena pengabaian terkait dengan diskriminasi gender, mencapai angka 2,4 juta kematian per dekade.

Baca juga:

4 Film Ini Mengangkat Kesetaraan Gender, Sangat Layak Kamu Tonton

Meskipun pemerintah berjanji untuk membuat perubahan setelah pemerkosaan dalam bis pada tahun 2012, kekerasan seksual dan penyerangan terhadap perempuan terus terjadi, sehingga India dinyatakan 'krisis pemerkosaan'.

Untuk membantu perempuan India merasa lebih aman bertransportasi dan berpergian, pemerintah di beberapa kota sudah melakukan beberapa perubahan. Seperti gerbong kereta khusus perempuan, gratis untuk menggunakan transportasi publik, sepeda gratis, dan lainnya.

Ikon Perempuan di Lampu Lalu Lintas Mumbai Promosikan Kesetaraan Gender
Semua gender setara. (Pixabay/OpenClipart-Vectors)

Mumbai bukanlah kota pertama yang melakukan hal seperti ini, beberapa kota di Jerman sudah lama menggunakan ikon perempuan dan lelaki di lampu lalu lintas mereka. Bahkan, kota Vienna di Austria menggunakan ikon pasangan sesama jenis pada lampu lalu lintas.

Geneva, kota di Swiss juga menyatakan bahwa mereka akan mengganti setengah dari lampu-lampu lalu lintas mereka menjadi ikon perempuan. Tidak hanya itu, mereka juga akan menggunakan ikon lain seperti wanita hamil, dua perempuan pegangan tangan, dan seorang perempuan dengan rambut afro.

Banyak warganet yang ragu dan mengkritik ide ini, mengatakan bahwa menggunakan ikon perempuan pada lampu-lampu lalu lintas tidak akan memberi perubahan yang signifikan.

Tapi, di negara dimana kesenjangan gender dan kepercayaan kuno masih sangat tinggi, perubahaan dan tindakan sekecil apapun sangat bermakna dan bisa tumbuh dan memiliki dampak yang besar. (lev)

Baca juga:

George Clooney Memperkerjakan Kru Perempuan untuk Memperkecil Kesenjangan Gender



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH