Bisnis

Iklan Kreatif Bikin Konsumen Adiktif

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 08 September 2023
Iklan Kreatif Bikin Konsumen Adiktif
Video Klip SASA Santan dikemas dengan kreatif. (Foto: Animal3)

SETIAP produk membutuhkan kreativitas periklanan untuk menarik konsumen. Ada banyak wahana yang bisa dijelajahi seperti foto, video, desain grafis, motion graphic, tulisan, dan masih banyak lagi.

Salah satu strategi periklanan yang kreatif juga dilakukan oleh Animal3, agensi periklanan dan kreatif yang berada di bawah naungan Future Creative Network (FCN). Beberapa waktu lalu, Animal3 meluncurkan kampanye kreatif "Persembahan Terbaik Sasa Santan Omega 3" yang dikemas dalam bentuk album musik mini.

Dengan sudut pandang yang belum pernah dieksplorasi sebelumnya, yaitu perspektif hewan kurban, Animal3 berhasil menciptakan cerita emosional yang empatik meskipun dieksekusi dengan gaya ringan dan lucu.

Pesan utamanya pun tetap tersampaikan dengan baik. Tanpa kehilangan esensi dari momentum Idul Adha beberapa bulan lalu. Bahkan kampanye ini tetap berlanjut meski Idul Adha telah berakhir.

Baca juga:

Dorong Kreativitas dengan Berjalan Kaki


Pembuatan materi Key Visual dibantu teknologi 3D video dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Hasilnya moncer, Animal3 telah memperluas dampak kampanye Sasa Santan Omega 3 dengan meraih lebih dari 1,6 juta penonton di Youtube kurang dari 24 jam dan ribuan share serta like di media sosial, terutama di TikTok.

Penonton pun seolah kecanduan. Ingin menikmati lagi iklan seperti itu.

"Sebuah merek memerlukan pendekatan storytelling yang unik dan otentik. Pendekatan ini harus mampu menjangkau sudut pandang yang bahkan paling sensitif sekalipun dan tentunya harus berdasar pada pemahaman mendalam tentang konsumen,” ungkap Co-Founder of Animal3 Febrian, dalam siaran resminya.

Mini album yang diluncurkan dalam kampanye ini menggambarkan makna dan semangat Idul Adha yang mendalam. Album ini menampilkan tiga lagu dengan cover dari Sheila on 7 ("Berhenti Berharap" sebagai lagu utama).

Lagu ini menceritakan pesan dari hewan kurban yang siap berkorban dengan kesadaran bahwa mereka akan diolah menjadi hidangan yang lebih sehat dengan Sasa Santan Omega 3.

Selain "Berhenti Berharap", album ini juga menampilkan lagu "Hati dan Paru-paru" dari Lomba Sihir dan "I Love You" versi hewan kurban kambing oleh Aldi Taher. Kedua lagu ini membawa nuansa kebersamaan dan humor yang memberikan hiburan bagi pendengarnya.

Baca juga:

Ketika Kreativitas dan Olahraga Saling Berkaitan

Pentingnya Kreativitas dalam Industri Periklanan
Kampanye Sasa Santan untuk Idul Adha. (Foto: Animal3)


Pendekatan kampanye inovatif ini tidak hanya berhasil memanfaatkan kekuatan digital dan media sosial, tetapi juga melibatkan talenta dan musisi dalam prosesnya. Kontribusi musisi dan talenta yang berpartisipasi dalam mini album ini telah memberikan nuansa yang berarti.

Mereka tidak hanya tampil dan mempromosikan lagu, tetapi juga turut merasakan kebahagiaan dan rasa bangga karena telah menjadi bagian dari kampanye.

Animal3 juga menciptakan materi tambahan semisal lirik video untuk dua lagu kolaborasi dan sebuah end credit yang unik berisi resep masakan yang menghadirkan nilai tambah untuk audiens dan tentunya untuk eksposur lebih bagi Sasa.

"Di era disruptif, setiap merek ditantang untuk menonjol dibanding kompetitor bahkan turut berkompetisi dengan merek di kategori lain. Sekarang, kita berkompetisi untuk mendapatkan perhatian dan dominasi suara di semua tapping points," tutup Senior Consumer Acquisition & Retention Sasa Santan Rahmanu Nanda. (and)

Baca Juga:

Inspirasi Perempuan di Dunia Olahraga dalam Webinar 'The Bright Future Awaits'

#Kreativitas #Iklan Kocak
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan