Ikatan Alumni ITB Gelar Pameran Integrate Art di Kota Cirebon Pameran Integrate Art oleh Alumni ITB di Cirebon (MP/Mauritz)

MerahPutih.Com - Pemerintah Kota Cirebon mendorong para seniman menghasilkan karya besar untuk mendukung program pariwisata.

Hal ini sejalan dengan program Pemerintah daerah Kota Cirebon yang menitikberatkan seni budaya dan sejarah dalam arah pembangunan periode 2018-2023.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH saat membuka Pameran Integrate Art Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) di Gedung Negara Jalan Siliwangi Cirebon, Sabtu (16/3).

Pameran Integrate Art di Cirebon
Pameran Integrate Art oleh Alumni ITB di Cirebon (MP/Mauritz)

Azis mengatakan pihaknya sangat merespon positif dengan kegiatan yang dilaksanakan alumni ITB tersebut.

“Kegiatan semacam ini sangat langka di Kota Cirebon dan memberikan motivasi bagi seniman di Kota Cirebon. Pemerintah Daerah Kota Cirebon terutama Disbudpar harus menangkap ini menjadi bagian pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dari sektor seni dan budaya,” ungkap Azis.

Azis menambahkan kegiatan para alumni ITB tersebut dapat dimasukan dalam agenda tahunan termasuk memperingati Hari Jadi Cirebon. Karya para seniman baik alumni ITB maupun seniman Kota Cirebon akan menjadi daya tarik bagi datangnya wisatawan ke Kota Cirebon.

“Mari kita tunjukan ke dunia jika Kota Cirebon dan Indonesia memiliki seniman yang mampu menghasilkan karya-karya besar. Kami juga berharap ini awal perhatian alumni ITB bagian Seni untuk ikut serta mendorong pembangunan pariwisata Kota Cirebon,” kata Azis.

Karya lukisan para Alumni ITB
Karya seni Alumni ITB yang dipamerkan di Cirebon (MP/Mauritz)

Ketua Pelaksana Kegiatan, Drs. M. Sobirin mengatakan kegiatan melibatkan 99 peserta dari alumni ITB, seniman dan pelukis se Wilayah Cirebon. Tercatat 55 alumni ITB, 20 seniman dan 20 pelukis se Wilayah Cirebon menggelar pameran.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi ajang menunjukan karya-karya kita. Dan tentunya ikut mendukung pariwisata di Kota Cirebon,” ujar Sobirin.

Kegiatan akan berlangsung sejak tanggal 16-30 Maret. Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga akan dilaksanakan berbagai program pendukung. Beberapa kegiatan yakni diskusi budaya, lomba menggambar tingkat TK, SD, SMA dan melukis dengan lokasi beberapa tempat di Kota Cirebon.

Seorang seniman sedang melukis
Seorang seniman peserta Integrate Art sedang melukis (MP/Mauritz)

Sementara Ketua Alumni Senirupa ITB, Anwar Sanusi mengatakan pameran seni yang dilakukan alumni ITB sebagai bentuk kepedulian mereka bagi pengembangan budaya dan pariwisata di Kota Cirebon. Potensi yang dimiliki Kota Cirebon dan sekitarnya sangat besar sehingga harus dieksplorasi lebih mendalam.

“Tentu kami mengajak semua pihak agar lebih banyak menyelenggarakan pameran. Masyarakat haus hiburan sehingga karya seni akan membantu masyarakat menetralisir pikiran termasuk dari persoalan politik yang sedang memanas,” tandasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Mauritz, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Barat.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa: Kasus Rommy Bakal Jadikan PPP Partai Besar

Kredit : mauritz


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH