Eksotika Papua

Ikan Bakar Colo, Kenikmatan Khas Papua

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 07 September 2018
Ikan Bakar Colo, Kenikmatan Khas Papua
Ikan bakar colo favorit warga Timika. (foto: ksmtour)

SUKU Kamaro yang mendiami wilayah Timika punya olahan ikan yang sedap mantap, ikan bakar colo. Karena mereka tinggal di daerah pesisir, makanan mereka pun bergantung dari hasil laut.

Seperti namanya, ikan bakar ini menggunakan sambal colo dalam penyajiannya. Sambal segar satu itu memang bukan hanya milik orang Kamaro. Beberapa daerah lain, seperti Maluku dan Manado, juga mengenal sambal berbahan dasar tomat, bawang merah, dan cabai ini.

Intinya sih, sambal colo merupakan kreasi yang cukup bebas diinterpretasikan, sepanjang bahan dasarnya berisikan tomat, bawang merah, cabai rawit, daun kemangi, dan jeruk nipis. Takaran dan jumlah bahan itulah yang bikin kreasi sambal colo beragam. Ada yang lebih khas asam, ada yang pedasnya menonjol, ada pula yang terasa lebih asin.

Sambal colo paling cocok dipakai sebagai kondimen ikan bakar. Pilihan ikannya beragam, mulai dari tongkol, bawal, hingga kue. Tidak mengherankan jika santapan ini jadi favorit warga suku Kamoro. Banyak sekali warung yang menjual makanan dengan menu andalan ikan bakar colo ini di Papua sana.

Ingin coba? Yuk, kreasikan sendiri di rumah.

RESEP IKAN BAKAR COLO

BAHAN-BAHAN

1 ekor (± 1kg) ikan kue/baronang (bisa diganti dengan ikan lainnya seperti kembung, kerapu, atau tongkol)
1 sdt garam
1½ sdm air jeruk nipis
1 sdt air jahe
1 sdm minyak goreng

SAMBAL COLO

10 buah cabai rawit merah/hijau, iris tipis
3 buah tomat hijau, potong dadu
4 buah bawang merah, iris-iris
1 sdt garam
0,5 sdt gula pasir
1 sdm air jeruk nipis
20 helai daun kemangi, iris kasar
1,5 sdm minyak goreng


CARA MEMASAK

1. Siapkan dan panaskan panggangan terlebih dahulu. Bersihkan ikan, buang insang dan isi perutnya. Setelah itu, buat beberapa keratan yang dalam pada kedua sisi ikan hingga ke tulangnya. Lumuri dengan garam, air jeruk dan air jahe. Taruh ikan dalam lemari pendingin, diamkan selama 15 menit.

2. Sambal colo: campur semua bahan dalam mangkuk, simpan dalam lemari pendingin sebelum disajikan.

3. Membakar ikan: olesi ikan dengan minyak goreng lalu tiriskan sampai minyak tidak menetes lagi. Taruh ikan di atas pemanggang kawat yang sudah diolesi minyak, lalu panggang sampai salah satu sisi matang. Balikkan ikan, panggang salah satu sisi lainnya hingga matang. Secara berturut-turut, panggang bagian punggung (pegang dengan japitan) dan kepalanya.

4. Sajikan ikan bakar dengan sambal colo segar.(*)

#Eksotika Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan