Ijazah Paket C Muluskan Jalan Menteri Susi Jadi Cawapres Jokowi?

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 16 Juli 2018
Ijazah Paket C Muluskan Jalan Menteri Susi Jadi Cawapres Jokowi?
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (kiri). Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti digadang-gadang sebagai kandidat calon wakil presiden (Cawapres) Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Peluang perempuan asal Pangandaran itu pun semakin terbuka setelah baru saja menerima gelar ijazah Paket C atau setara SMA yang merupakan satu syarat formil maju cawapres.

Lalu bagaimana reaksi menteri perempuan yang fenomenal dengan kebijakan penenggalaman kapal asing pencuri ikan itu? Susi menapik keras mendapatkan gelar ijazah setingkat SMA itu untuk melengkapi syarat menjadi calon pendamping Jokowi di Pilpres mendatang.

Susi juga menegaskan dirinya tidak berhasrat maju menjadi cawapres Jokowi. "Tidak ada itu," kata dia, saat dikonfirmasi wartawan usai menghadiri kampanye "Pandu Laut Nusantara" di Jakarta, kemarin, dinukil dari Antara, Senin (16/7).

susi
Menteri Susi Pudjiastuti. (MP/Yohanes Abimanyu)

Menteri KKP itu enggan menanggapi pertanyaan wartawan lebih lanjut dan memilih meninggalkan mereka. Petugas keamanan pun langsung mengawal Susi menuju ke dalam sebuah hotel dari kerumunan media. .

Untuk diketahui, berdasarkan hasil survei Charta Politika di Jawa Barat, Susi berada di peringkat ketiga teratas kandidat Cawapres pendamping Jokowi. Dari 1.200 responden, sebanyak 3,8 persen menilai Susi pantas mendampingi Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2019.

Adapun, urutan teratas ditempati oleh mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo sebesar 10,9 persen kemudian disusul politisi Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono sebesar 8,1 persen.

Mantan Panglima Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (ke tiga kiri) menduduki urutan teratas dalam daftar Cawapres Jokowi berdasarkan survei Charta Politika. (ANTARA FOTO/Saiful Bahri)

Selain itu, LSM Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia menyatakan peluang Menteri Susi menjadi semakin terbuka untuk menjadi Cawapres setelah dirinya meraih kelulusan dan mendapat ijazah setara SMA. "Dengan terpenuhinya syarat formal tersebut, saya kira peluang untuk menjadi cawapres makin terbuka," kata Koordinator Nasional DFW Indonesia Abdi Suhufan.

Menurut Abdi, peluang tersebut semakin terbuka karena tingginya tingkat kepopuleran Menteri Susi selama ini di tengah masyarakat. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meraih ijazah setara SMA setelah lulus ujian Paket C di satu SMA negeri di daerah domisilinya, Pangandaran, Jawa Barat, 11 sampai 13 Mei 2018 lalu. (*)

#Menteri Susi #Bursa Cawapres Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan